Glosarium

Menjelaskan istilah yang umumnya digunakan dalam Kredit KPR, Properti dan Keuangan.


Agunan: Aktiva yang dijaminkan oleh debitur untuk mendapatkan kredit dan dapat diambil alih bila terjadi default.

Anggaran: Perencanaan keuangan yang mencakup pengeluaran, pemasukan, dan tabungan sebagai gambaran berapa dan apa saja dana-dana yang harus dihabiskan.

Angsuran ekstra: Pembayaran angsuran yang jumlahnya lebih dari batas minimum yang harus dibayarkan sebagai cara untuk mempercepat waktu pembayaran angsuran.

Angsuran Kredit: Jumlah uang secara terjadwal yang dibayarkan kepada bank/pemberi pinjaman untuk mengurangi jumlah pinjaman keseluruhan yang Anda pinjam.

Angsuran Lump-Sum: Pembayaran yang dilakukan sekaligus dalam satu waktu saja.

Aplikasi Pengajuan Kredit: Dokumen yang diperuntukan kepada Bank (pemberi pinjaman) yang berisi informasi penting mengenai si pengaju kredit dan dijadikan dasar bagi bank (pemberi pinjaman) untuk dapat memutuskan apakah akan dikabulkan kreditnya atau tidak.

Aset: Item atau properti yang dimiliki oleh Anda atau perusahaan Anda, yang memiliki nilai signifikan dan tersedia untuk digunakan sebagai jaminan untuk pinjaman Anda.

Asuransi: Dana iuran yang dibayarkan sebagai syarat untuk melindungi/menjamin apabila terjadi sesuatu yang menimpa terkait kredit/pinjaman atau aset Anda.

Batas Maksimum Kredit (line of kredit): Batas maksimum penyediaan dana yang diperkenankan untuk dilakukan oleh bank kepada peminjam atau kelompok peminjam tertentu.

Biaya Pindahan Rumah: Berbagai biaya yang dikenakan terkait pindahan rumah

Pendapatan Bersih: selisih positif dari total pendapatan(operasional dan non-operasional) dengan total biaya (operasional dan non- operasional) dalam satu periode setelah dikurangi dengan taksiran pajak pendapatan.

Biaya Pinjaman: Biaya yang harus dibayar atau dibebankan setelah meminjam sejumlah uang

Biaya Pokok dan Bunga: Pinjaman di mana biaya pokok dan bunga dibayarkan sekaligus bersama-sama dengan kurun waktu yang sudah disetujui

Bunga Tetap/Flat: Sistem perhitungan suku bunga yang besarannya mengacu pada pokok utang awal. Dalam sistem bunga ini porsi dan pokok dalam angsuran bulanan akan tetap sama.

Capital Gain: keuntungan yang didapat penjualan properti Anda atau hasil investasi

Catatan Kredit: File laporan selama 7 tahun terakhir yang berisi riwayat angsuran, dan kartu kredit

Dana Darurat: Perencanaan finansial Anda mungkin menyarankan untuk dibuat dana darurat yang mengalokasikan sejumlah uang sebesar setidaknya 3 bulan pengeluaran.

Deposito: Uang yang disimpan dalam rekening simpanan di bank yang penarikannya dapat dilakukan setelah masa tertentu yang diperjanjikan atau setelah pemberitahuan sebelumnya;

Depresiasi (Penyusutan): Turunnya nilai, penyusutan nilai (seperti mata uang)

Ekuitas: Kepemilikan dalam bentuk nilai uang

Konsolidasi Hutang: Menggabungkan hutang Anda menjadi satu untuk mempermudah pembayaran angsuran/tagihan.

Kredit Investasi: Dana yang dipinjam secara khusus unutk tujuan investasi properti.

Kredit Modal Kerja: Dana yang dipinjam untuk tujuan memulai atau mengembangkan bisnis.

Kredit (Pinjaman): Sejumlah uang yang Anda pinjam dari pemberi pinjaman berlisensi (seperti bank) dengan catatan jangka waktu dan kondisi-kondisi serta dikenakan bunga dala proses pengembaliannya.

Kredit Talangan: Pinjaman jangka pendek yang digunakan untuk membeli properti baru sementara properti lama sedang dijual.

Legal Fee: Upah sebagai imbalan jasa spesialisasi legal (hukum) dalam pengurusan pembelian dan penjualan properti.

Loan Adviser: Seseorang yang secara profesional terhubung dengan banyak bank/pemberi pinjaman yang akan mengevaluasi kredit mana yang paling sesuai dengan situasi per-individu pengaju pinjaman.

Loan-to-Value Ratio (Nilai Agunan): Rasio besarnya kredit yang akan diberikan jika dibandingkan dengan jaminannya.

Low Deposit Loan (Pinjaman Dengan Deposito Rendah): Ketika jumlah DP rumah yang harus Anda bayarkan lebih dari 20% nilai properti. Bunga yang lebih tinggi biasanya disertakan.

Low Doc. Loan: Ketika Anda tidak membutuhkan lagi dokumen-dokumen pendukung alias hanya sebatas pernyataan dari Anda maupun akuntan Anda bahwa Anda mampu membayar angsuran kredit sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan.

Modal: Uang/harta atau aset yang dimiliki secara pribadi atau perusahaan

Pelunasan Pinjaman: Ketika pinjaman KPR Anda sudah dilunasi

Pembagian Pinjaman: Sistem yang memperbolehkan Anda untuk membagi pinjaman kredit Anda ke dalam sistem bunga tetap atau bunga variable.

Pembeli Rumah Pertama: Seseorang yang sebelumnya belum pernah membeli properti seperti rumah, tanah, dsb.

Persetujuan Kredit: Ketika dokumen aplikasi pengajuan kredit disetujui oleh bank atau pemberi untuk memberikan Anda pinjaman/kredit sesuai persetujuan.

Pinjaman Pribadi: Uang dalam jumlah lebih kecil dari kredit KPR yang dipinjam dan digunakan untuk item seperti liburan, mobil, dan biaya kesehatan.

Pokok Pinjaman KPR: Merujuk pada keseluruhan jumlah dana/uang yang Anda pinjam selain bunga di setiap angsuran.

Portofolio Properti: Daftar properti untuk investasi yang dimiliki individu, kelompok, atau perusahaan.

Pre-approval: Dana pinjaman yang sudah disiapkan bank ketika dokumen pengajuan KPR telah disetujui. Dana tersebut bisa digunakan ketika peminjam sudah siap menggunakannya untuk membeli properti atau aset.

Properti komersial: Merujuk kepada properti yang menghasilkan pemasukan finansial (dari sewa) yang biasanya dimiliki oleh pengusaha/wirausaha

Properti Residensial: Hunian (rumah) yang dimiliki oleh penyewa atau pun ditempati oleh
keluarga mau pun sekelompok orang sebagai pemilik properti yang umumnya digunakan untuk tujuan non-bisnis/komersial.

Rasio Cakupan Bunga: Digunakan untuk menentukan bagaimana sebuah perusahaan dapat membayar bunga pada utang yang besar.

Rental Yield (Hasil Sewa): Sejumlah presentase pemasukan yang didapatkan dari properti Anda.

Suku Bunga: Harga dari penggunaan uang atau bisa juga dipandang sebagai sewa atas penggunaan uang untuk jangka waktu tertentu yang biasanya dinyatakan dalam persen

Suku Bunga Variabel: Bunga KPR yang suku bunganya bisa naik atau turun disesuaikan dengan suku bunga yang berlaku.

Tanggal Kesepakatan: Tanggal kesepakatan di mana penjual menyeragkan properti terjualnya kepada pembeli yang mana pembeli tersebut harus membayarkan sejumlah uang terutang kepada penjual sesuai kesepakatan.

Valuasi: Estimasi nilai properti yang dilakukan oleh professional/ahli.

Related content