Hari Bumi 2020

2020-04-22 By Admin Loan Market
...

Hari Bumi, yang kali ini jatuh pada tanggal 22 April 2020, merupakan tahun ke-50 dirayakannya peringatan Hari Bumi sejak tahun 1970. Diakui sebagai salah satu hari peringatan terbesar di dunia, dengan diikuti oleh lebih dari satu miliar orang setiap tahunnya dengan gerakan mendukung alam. 

Menipisnya lapisan ozon akibat ulah manusia, seperti penggundulan hutan, pembangunan pabrik-pabrik, penggunaan kendaraan yang menyebabkan polusi, dan banyak hal lainnya telah menyebabkan terjadinya pemanasan global yang ditandai seperti mulai mencairnya es di Kutub Utara, naiknya permukaan laut, rusaknya terumbu karang, dan lain sebagainya.

Salah satu akibat dari pembatasan aktifitas sosial dan himbauan untuk tetap tinggal di rumah di masa pandemi COVID-19 ini telah menghasilkan udara yang bersih sehingga di Jakarta kita dapat melihat jelas penampakan Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak. Di Venice, Italia, air tampak lebih jernih karena berkurangnya aktifitas penggunaan transportasi air saat ini. Lapisan ozon di Antartika terlihat pulih yang menyebabkan aliran udara di bumi lebih baik. Saat ini bumi tercinta ini sedang menyembuhkan dirinya.

Selamat Hari Bumi 2020. Semoga di hari ini dan seterusnya semua orang dari setiap penjuru dunia dapat bersatu untuk berpartisipasi mengatasi perubahan iklim dan menciptakan masa depan yang lebih baik dengan zero-carbon untuk anak cucu kita semua.

 

Sumber:

Earthday.org

Ec.eropa.eu

Weather.com

Semarangkota.go.id

Tempo.co