Review Pinjaman Online Di Indonesia 2020

2020-06-20 By Admin Loan Market
...

Pertumbuhan bisnis pada sektor Finance and Technology (FinTech) sangat pesat di Indonesia. Salah satu produk FinTech yang diminati masyarakat Indonesia adalah Pinjaman Online. Pinjaman online (pinjol) merupakan salah satu alternatif untuk mendapatkan pinjaman dana tunai. Mudahnya persyaratan dan dana yang langsung cair dengan cepat, membuat bisnis pinjaman dana tunai berbasis online semakin menjamur di Indonesia. Hal berbeda akan terjadi apabila Anda melakukan pinjaman ke bank konvensional. Apabila Anda melakukan pinjaman ke bank konvensional, Anda akan diberikan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Anda juga harus memberikan jaminan yang nilainya hampir sama dengan nilai pinjaman.

Pertanyaan yang sering terlintas di pikiran masyarakat umum adalah mengenai keamanan data yang diberikan kepada kreditur serta privasi debitur. Hal ini penting menjadi fokus utama Anda selain besarnya pencairan pinjaman, bunga pinjaman, tenor cicilan pengembalian dan jangka waktu pencairan dana tunai. Sebaiknya Anda mencermati apa saja keuntungan dan kerugian menggunakan produk TekFin di Indonesia. Keuntungan dan kerugian mengenai pinjaman online akan dibahas secara detail pada artikel ini.

KEUNTUNGAN PINJAMAN ONLINE

Tentu saja ada keuntungan dari sebuah kemudahan yang ditawarkan dalam melakukan pinjaman online. Keuntungan tersebut merupakan nilai positif yang diberikan oleh kreditur bagi debitur. Ketatnya persaingan pinjaman online dengan pinjaman bank konvensional menjadi penyebab kreditur pinjaman online memberikan banyak fasilitas untuk mendapatkan nasabah baru. Berikut keuntungan dari pinjaman online :

1. Persyaratan Mudah

Persyaratan dalam mengajukan pinjaman online sangat mudah. Berbeda dengan bank konvensional yang memiliki banyak persyaratan. Apabila bank konvensional perlu melakukan survey terlebih dahulu dengan dilengkapi jaminan, maka hal tersebut tidak berlaku bagi pinjaman online. Anda hanya perlu memberikan foto identitas dan pengisian data pada aplikasi pinjaman online untuk pengajuan pinjaman.

2. Pencairan Dana Cepat

Biasanya proses dari pinjaman online sangat mudah dan cepat. Kreditur hanya perlu melakukan pengecekan data selama beberapa hari. Setelah melakukan pengecekan data singkat, kreditur akan langsung mengirimkan sejumlah uang yang diajukan ke rekening Anda. 

3. Tidak Perlu Track Record Credit Checking

Beberapa perusahaan pinjaman online yang tidak melihat track record kredit calon nasabahnya untuk melakukan persetujuan kredit. Akan tetapi, ada beberapa perusahaan pinjaman online yang tetap melihat kelayakan finansial calon nasabah dengan melihat track record kreditnya. Hal ini tentu bisa memudahkan calon nasabah yang memiliki track record kurang baik di bank konvensional.

KERUGIAN PINJAMAN ONLINE  

Melihat beberapa keuntungan yang diberikan pinjaman online saat ini, sangat memudahkan Anda dalam melakukan kredit di perusahaan FinTech. Bahkan lebih mudah melakukan kredit di pinjaman online daripada apply kartu kredit atau KTA Bank. Sebaiknya Anda jangan tergiur akan kemudahan kredit saja. Anda harus menimbang dampak yang akan timbul setelah melakukan pinjaman online. Berikut beberapa kerugian yang kerap menghantui para penerima pinjaman online, diantaranya :

1. Plafon Pinjaman Terbatas

Berbeda dengan kredit bank yang plafon kreditnya bisa mencapai ratusan juta rupiah, plafon kredit pinjaman online maksimal 30 juta. Untuk pertama kali pinjaman, Anda hanya diberikan limit kurang dari 10 juta. Apabila Anda melakukan pinjaman untuk modal usaha atau sesuatu hal yang membutuhkan uang dengan jumlah besar maka Anda akan melampaui limit dari pinjaman online. Target nasabah dari Pinjaman online hanya menargetkan untuk orang yang Butuh Uang (BU) dengan jumlah nominal yang kecil.

2. Bunga Lebih Tinggi Dibandingkan Bunga Bank

Sudah menjadi rahasia umum apabila bunga kredit pinjaman online lebih tinggi dibandingkan dengan bunga bank. Perusahaan FinTech akan melakukan potongan dari jumlah pencairan yang disetujui untuk biaya administrasi. Kemudian jumlah yang harus dikembalikan akan lebih besar dari dana pencairannya sebagai pokok utang. Selain itu, Anda dikenakan bunga yang cukup tinggi dari pokok utang. Bunga yang diberikan bahkan bisa diatas 10%. Kemudian, apabila pada saat tenor cicilan jatuh tempo Anda belum melunasi keseluruhan kredit, maka Anda akan dikenakan denda keterlambatan. Tak jarang, denda keterlambatan dihitung harian berdasarkan jumlah hari keterlambatan dari jatuh tempo. Melihat tingginya bunga pinjaman online, Anda harus berpikir ulang sambil menghitung keuangan Anda sedemikian rupa. Jangan sampai jeratan pinjaman online membuat Anda mendapat masalah baru.

3. Pembayaran Macet, Debt Collector Hadir.


Kerugian-Pinjaman-Online-dibandingkan-Loan

Pada poin diatas telah disebutkan bahwa pinjaman online cenderung memiliki bunga kredit yang tinggi. Akibatnya banyak sekali debitur yang “gagal bayar”. Artinya, debitur tidak bisa melunasi pokok utang apalagi bunganya. Maka Anda akan secara intensif mendapat panggilan atau pesan yang bersifat reminder. Apabila reminder tersebut Anda belum melakukan pelunasan, maka Debt Collector akan “meneror” Anda secara terus menerus melalui telepon, pesan singkat hingga datang ke rumah Anda. Cara mereka melakukan reminder juga cenderung kurang sopan. Jangan sampai Anda terjerumus ke dalam jerat pinjaman online.

4. Keamanan Data dan Privacy Diragukan      

Banyaknya kasus pencurian hingga jual-beli data di beberapa perusahaan e-commerce di Indonesia membuat banyak masyarakat lebih berhati-hati dalam memberikan data pribadi kepada pihak yang tidak dikenal. Pihak-pihak tersebut bisa saja berupa entitas (organisasi dan/atau perusahaan) yang menginginkan data Anda untuk suatu hal yang merugikan. Sebagai perusahaan kreditur berbasis teknologi, data Anda akan tersimpan di Master Data di Cloud internal yang sangat mudah diretas oleh hacker.

Dalam beberapa kasus, terkadang perusahaan TekFin yang sengaja menyebarkan data debitur ke orang-orang terdekat debitur untuk mempermalukan debitur karena “gagal bayar”. Hal ini tentu merugikan debitur dan sangat mengganggu bagi orang-orang terdekat debitur. Resikonya, reputasi Anda akan dianggap kurang baik oleh orang-orang yang turut “diteror” oleh debt collector. Hal ini dapat diantisipasi dengan melakukan pelunasan pinjaman online tepat waktu.

5. Resiko Penipuan  

Anda harus lebih waspada terhadap beberapa tawaran menarik suatu entitas yang mengaku sebagai perusahaan TekFin yang menyediakan fasilitas kredit cepat cair. Anda harus mencari tahu legalitasnya terlebih dahulu. Pastikan Anda melakukan pinjaman online pada perusahaan TekFin yang terdaftar di OJK. Anda bisa melakukan browsing terlebih dahulu mengenai review sebuah perusahaan TekFin.

Anda bisa melakukan pengecekan legalitas sebuah perusahaan TekFin melalui portal berita nasional atau blog-blog review yang sudah jelas kredibilitasnya. Jangan sampai disaat Anda sedang mengalami masalah keuangan, Anda malah mendapat masalah baru karena ditipu oleh perusahaan TekFin illegal. Untuk itu, Anda harus selektif dalam memilih pinjaman online. Cari tahu seluk-beluknya terlebih dahulu sebelum terjerat resiko penipuan pinjaman online.

Pinjaman dana tunai yang cepat cair memang menggiurkan. Melalui pembahasan di atas, Anda sudah mengetahui keuntungan dan kerugian menggunakan pinjaman online. Jika Anda tetap ingin menjadikan perusahaan FinTech sebagai “solusi” masalah keuangan, maka Anda harus siap akan resiko yang akan dihadapi kemudian hari. Pastikan Anda mampu untuk mengembalikan pokok utang, biaya administrasi dan bunganya pada saat jatuh tempo. Pertanyaan selanjutnya yang terlintas di pikiran Anda selanjutnya adalah apa saja rekomendasi pinjaman online yang legal dan trusted.

Berikut rekomendasi pinjaman online tahun 2021: 

1. Kredivo          

Mendengar kata “Kredivo” pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Iklannya yang berada dimana-mana dan hampir menghiasi seluruh konten di Youtube sebagai platform video sharing terbesar di dunia. Iklannya selalu menceritakan mudahnya pengajuan dengan limit hingga Rp. 30 juta. Tak heran Kredivo menjadi salah satu pinjaman online yang cukup populer di telinga masyarakat Indonesia.

Pada dasarnya kredivo sama saja dengan pinjaman online atau kartu kredit online lainnya. Tetapi kelebihannya adalah salah satu pinjaman online dengan limit pencairan terbesar di Indonesia. Hebatnya lagi, Anda tidak perlu membayar bunga apabila Anda melakukan pelunasan dalam 30 hari setelah pencairan dana masuk ke rekening Anda.  Selain itu, sistem keamanannya yang setara sistem keamanan bank juga memiliki layanan pinjaman online. Kredivo juga secara resmi terdaftar di OJK.

Berikut beberapa rincian pinjaman di Kredivo :

  1. Plafon limit pinjaman : Rp.1.500.000 - Rp.30.000.000,-
  2. Bunga 2.95% per bulan (Tanpa bunga jika pelunasan kurang dari 30 hari)
  3. Tenor cicilan 30 hari, 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan.

 

2. Home Credit

Home Credit merupakan perusahaan FinTech yang menawarkan fasilitas pinjaman dana tunai yang cepat cair tanpa jaminan. Home Credit terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sebagai salah satu perusahaan FinTech yang memberikan fasilitas pinjaman online terbesar di Indonesia, Home Credit menawarkan pinjaman dengan plafon pinjaman hingga Rp. 25 juta. Tenor cicilan yang disediakan hingga 42 bulan

Anda bisa membayar pelunasan lebih awal tanpa dikenakan bunga apabila Anda melakukan pelunasan di 15 hari pertama sejak pencairan. Jika pembayaran lebih awal dilakukan setelah 15 hari pertama, maka Anda harus membayar cicilan bulan berjalan ditambah dengan sisa jumlah pokok utang serta biaya administrasi sebesar Rp. 150 ribu. Anda bisa mengetahui nominal pasti yang harus dibayar dengan menghubungi customer service Home Credit Indonesia. Anda juga bisa melakukan pelunasan lebih awal melalui gerai retail Home Credit dalam 1x24 jam setelah Anda menghubungi customer service kami.

Berikut beberapa rincian pinjaman di Home Credit :

  1. Plafon limit pinjaman : Rp.3.000.000 - Rp.25.000.000,-
  2. Bunga 10% per tahun (Tanpa bunga jika pelunasan kurang dari 15 hari)
  3. Tenor cicilan 15 hari hingga 42 bulan.

           

3. Akulaku

Akulaku juga merupakan perusahaan FinTech yang populer di Indonesia. Akulaku juga terdaftar dan diawasi oleh OJK. Banyak masyarakat yang menggunakan Akulaku sebagai alternatif mendapatkan cicilan tanpa kartu kredit di e-commerce terpercaya. Keunggulan AkuLaku adalah pada saat pencairan dana, Anda tidak dikenakan biaya administrasi. Tidak seperti pinjaman online lain yang memotong jumlah pencairan untuk biaya administrasi.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah bunga yang dikenakan cukup tinggi. Belum lagi apabila anda terlambat membayar pinjaman, maka Anda akan dikenakan penalti. Apabila Anda telat membayar selama 6 hingga 30 hari, maka penalti yang akan dikenakan adalah Rp. 50 ribu. Apabila keterlambatan Anda selama 30 hingga 60 hari, maka Anda akan dikenakan penalti Rp. 125 ribu. Jika Anda masih belum membayar hingga 90 hari, maka penalti yang akan dikenakan sebesar Rp. 275 ribu. Jika Anda tetap menunggak hingga lebih dari 90 hari keterlambatan, maka Anda akan dikenakan penalti sebesar Rp. 450 ribu.

Berikut beberapa rincian pinjaman di  Akulaku :

  1. Plafon limit pinjaman : Rp.3.000.000 - Rp.15.000.000,-
  2. Bunga 3.24% per hari.
  3. Tenor cicilan 8 hingga 30 hari.

 

4. Julo

Julo adalah aplikasi pinjaman online yang cepat cair tanpa kartu kredit sama seperti yang telah dibahas di atas. Julo juga merupakan perusahaan FinTech yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Pencairan dana tunai juga tergolong cepat, yakni kurang dari 28 jam setelah verifikasi pinjaman dilakukan. Anda hanya perlu mengisi form data pribadi kurang dari 5 menit dan menunggu verifikasi oleh pihak Julo.

Terdapat 3 produk yang ditawarkan oleh Julo, diantaranya :

  1. Julo Mini

Diperuntukkan bagi Anda yang ingin melakukan pinjaman dalam jumlah kecil (minimal Rp. 1 juta) dengan bunga 10% dan tenor 30 hari.

  1. Julo Cicilan

Diperuntukkan bagi Anda yang ingin melakukan pinjaman sekitar Rp. 8 juta dengan bunga 1.5-4% per bulan dengan tenor 3-6 bulan.

  1. Julo Agunan

Diperuntukkan bagi Anda yang ingin melakukan pinjaman dalam jumlah besar dengan disertai jaminan berupa BPKB motor, mobil atau sertifikat properti.

Apabila Anda telat membayar cicilan, Anda diberikan waktu hingga 4 hari sejak tanggal jatuh tempo. Apabila Anda melakukan pembayaran pada jangka waktu ini, maka Anda tidak akan dikenakan penalti. Jika Anda belum melakukan pembayaran sejak hari ke 5 hingga hari ke 10, maka Anda akan secara otomatis dikenakan penalti sebesar Rp.50 ribu. Jika Anda belum juga melakukan pembayaran hingga 30 hari, maka penalti Anda bertambah menjadi Rp. 200 ribu. Jika Anda tetap belum melakukan pembayaran hingga lebih dari hari ke 30 maka Anda akan dikenakan penalti tambahan sebesar Rp.100 ribu.

Berikut beberapa rincian pinjaman di Julo :

  1. Plafon limit pinjaman : Rp.1.000.000 - Rp.8.000.000,-
  2. Bunga 1.5-4% per hari.
  3. Tenor cicilan 3 hingga 6 hari.

 

5. Kredit Pintar

Sama seperti keempat layanan pinjaman online diatas, Kredit Pintar merupakan perusahaan FinTech yang menyediakan fasilitas pinjaman dana tunai cepat cair. Keunggulan dari Kredit Pintar adalah dana cair paling cepat dalam waktu 1 jam dan paling lambat 24 jam. Tingkat kemungkinan approval juga cukup tinggi yakni 92%. Hanya saja limit pencairan sangat kecil. Anda hanya bisa melakukan pinjaman sebesar Rp. 600 ribu hingga Rp. 2.3 juta. Berikut rincian tenor pembayarannya :

  1. Pinjaman Rp. 600 ribu, tenor pengembaliannya 2 minggu.
  2. Pinjaman Rp. 1.2 juta, tenor pengembaliannya 2 minggu.
  3. Pinjaman Rp. 1.2 juta, tenor pengembaliannya 4 minggu.
  4. Pinjaman Rp. 2.3 juta, tenor pengembaliannya 3 bulan.

Sama halnya dengan perusahaan pinjaman online lainnya, Kredit Pintar juga menerapkan penalti keterlambatan. Biaya keterlambatannya cukup besar yaitu 1% per hari. Bunga dari pinjaman sendiri berkisar antara 18.92% per bulan.

Berikut beberapa rincian pinjaman di  Kredit Pintar:

  1. Plafon limit pinjaman : Rp.600.000 - Rp.2.300.000,-
  2. Bunga bervariasi tergantung credit rating.
  3. Tenor cicilan 2 minggu hingga 3 bulan.

 

Melihat beberapa kerugian yang diakibatkan oleh pinjaman online, terutama mengenai tingginya bunga melebihi Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) perbankan, maka Anda harus berhati-hati dalam mengajukan pinjaman. Apabila Anda memiliki credit rating yang baik serta menginginkan keamanan data dan privacy, sebaiknya Anda tetap melakukan pinjaman melalui perbankan. Terdapat banyak keunggulan jika Anda melakukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) melalui bank, diantaranya: plafon limit kredit yang tinggi, tabel waktu dan jumlah pembayaran jelas, bunga kredit sesuai aturan Bank Indonesia dan OJK serta bisa mengajukan restrukturisasi kredit apabila Anda mengalami kesulitan pengembalian pinjaman. Selain itu, Bunga penalti perbankan juga masih dalam batas wajar, tidak seperti pada pinjaman online.

Ditengah kesibukan Anda sehari-hari, mungkin Anda tidak memiliki waktu lebih karena harus bekerja. Anda membutuhkan partner yang bisa membantu dalam mencari pilihan pinjaman yang tepat. Konsultasikan masalah finansial Anda kepada Loan Market. Loan Market merupakan perusahaan pioneer jasa keuangan. Sejak hadirnya Loan Market pada tahun 2017 di Indonesia, Loan Market konsisten untuk dapat membantu mencarikan dan menemukan pinjaman maupun dana yang sesuai dan dibutuhkan nasabah. Loan Market telah memiliki hampir 20 kantor di beberapa kota di Indonesia, dengan lebih dari 100 Loan Advisers. Saat ini, Loan Market telah bekerjasama dengan lebih dari 27 lembaga jasa keuangan. Pada akhir tahun 2019, Loan Market telah resmi tercatat di OJK.

Sebagai perusahaan pioneer jasa keuangan di Indonesia, Loan Market memiliki pangsa pasar yang besar. Tidak dipungkiri bahwa setiap orang memiliki kebutuhan finansial, dimulai dari modal usaha, renovasi rumah, dan hal lainnya. Loan Market hadir untuk memberikan solusi finansial untuk setiap masyarakat. Tidak hanya itu, kami juga menyediakan peluang bisnis bagi setiap orang yang ingin memulai usaha, mengingat pangsa pasar yang begitu besar. Tentunya kami telah memastikan legalitas dari lembaga jasa keuangan tersebut. Jadi, Anda tidak perlu khawatir terhadap resiko penipuan layaknya pinjaman online.

Hubungi Loan Advisers Loan Market terdekat, dan dapatkan solusi masalah keuangan Anda!

 

 

Source : Aturduit, Cekaja, Cermati, Duwitmu, Home Credit, Unsplash