Biaya – Biaya Dalam Proses KPR

Untuk membantu Anda dalam merencanakan keuangan Anda, kami telah merangkum sejumlah biaya – biaya yang umumnya dikenakan oleh setiap pihak peminjam. Biaya yang dikenakan selama proses KPR sangat beragam, tergantung dengan bank pemberi pinjaman


Biaya Notaris

Anda selaku peminjam akan terkait dengan pihak notaris dalam pengurusan berbagai macam akta serta sertifikat jual beli properti. Biaya yang diberlakukan sesuai dengan ketentuan tariff dari Notaris yang berlaku.

Biaya Taksasi

Biaya taksasi merupakan biaya yang diperlukan untuk menilai agunan. Biaya penilai independen diberlakukan oleh KJPP (Kantor Jasa Penilai Publik) sesuai rekanan institusi peminjam. Sedangkan untuk taksasi internal, biaya sesuai dengan ketentuan dari institusi peminjam.

Provisi

Biaya provisi merupakan imbalan kepada jasa bank karena telah membantu pinjaman yang Anda ajukan. Provisi dikenakan dari plafon kredit yang diberikan dan dibebankan langsung sebelum pencairan kredit.

Biaya Asuransi

Biaya Asuransi merupakan biaya yang dibayarkan oleh konsumer untuk melindungi kredit dan aset yang diagunkan. Besaran dana yang wajib dibayarkan ditentukan oleh perusahaan asuransi dengan melihat kondisi pihak tertanggung.

Biaya Akta Pengikatan Kredit

Biaya yang diberlakukan untuk pembuatan Akta Pengikatan Kredit yang dilakukan oleh pihak pemberi pinjaman secara internal.

Denda Keterlambatan

Denda keterlambatan dikenakan pada setiap hari keterlambatan sesuai dengan jumlah denda yang mengikuti ketentuan yang berlaku.

Related content