Kredit Rumah

KPR adalah hal yang penting dan merupakan komitmen finansial dengan jangka panjang, maka Anda harus mengetahui KPR secara detail dari awal


Dalam menentukan KPR yang tepat, Anda harus mengetahui sejumlah faktor yang mempengaruhi total plafond kredit Anda, dimulai dari harga Properti yang ingin Anda beli, pendapatan yang Anda miliki serta gaya hidup Anda.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan kredit yang digunakan untuk membeli rumah. Dengan fasilitas kredit yang diberikan, maka Anda dapat membayar properti dengan mencicil angsuran. Anda cukup membayar uang muka sebesar 20% sampai dengan 30% dari harga properti kepada bank atau penjual, maka Anda akan langsung bisa mendapatkan kredit rumah dengan mengangsur sisanya.

KPR bisa berupa kredit rumah primary, kredit rumah secondary, dan take over kredit. Keberadaan KPR sangat membantu dalam memudahkan Anda untuk memiliki rumah atau properti yang ingin Anda miliki.

Dengan fasilitas berupa kredit yang diberikan, maka Anda dapat membayar dengan mencicil angsuran. Anda cukup membayar uang muka sebesar 20% sampai 30% dari harga properti kepada bank atau lembaga penjamin, maka Anda akan langsung bisa menjalankan kredit rumah dengan mengangsur sisanya. Namun, patut diingat bahwa di dalam KPR terdapat bunga yang dibebankan pada si peminjam. Sedangkan, untuk agunan yang diperlukan untuk KPR adalah properti yang akan dibeli itu sendiri.

Keuntungan KPR dan Menggunakan Jasa Loan Market

Umumnya, para pengembang telah bekerja sama dengan bank-bank untuk dapat menciptakan proses pengajuan kredit yang lebih baik serta lancar. Maka dari itu, dalam mengajukan kredit, Anda perlu cermat ketika memilih bank yang tepat untuk melakukan pengajuan.
Loan Market siap dan mampu membantu Anda dalam proses pengajuan aplikasi kredit kepemilikan rumah yang Anda impikan dengan membantu Anda mendapatkan pinjaman KPR dari bank – bank terkemuka yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

Loan Adviser kami siap membantu Anda secara langsung dalam membandingkan bunga, biaya, dan pengeluaran lainnya yang tujuannya untuk memastikan pinjaman KPR yang sesuai dengan Anda.

Apa Yang Harus Anda Persiapkan?

Dalam memberikan pinjaman, Pemberi Pinjaman akan meminta sejumlah informasi tambahan terkait diri Anda. Tentunya, Loan Adviser Anda akan siap memberitahu Anda apa yang akan diperlukan selama Anda menjalani proses aplikasi pinjaman.

Syarat dalam pengajuan KPR di Indonesia, adalah:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia.
  2. Minimal Usia pada saat kredit berakhir maksimal 55 tahun (pegawai) dan maksimal 6 tahun (Profesional/Wiraswasta).
  3. Memiliki pekerjaan dan penghasilan sebagai pegawai/wiraswasta/professional dengan masa kerja/usaha minimal 1 tahun atau 2 tahun.

Selain syarat yang telah disebutkan diatas, dibutuhkan pula sejumlah dokumen penunjang yang harus Anda siapkan dalam pengajuan KPR. Secara umum, dokumen – dokumen yang dibutuhkan antara lain:

  1. Bukti identitas diri yang masih berlaku berupa KTP/SIM/PASPOR
  2. Kartu Keluarga
  3. NPWP Pribadi
  4. NPWP Perusahaan (untuk wiraswasta)
  5. Surat Nikah atau Surat Cerai (bila sudah menikah atau bercerai)
  6. Rekening tabungan 3 bulan terakhir (bila bekerja) atau Rekening Koran 3 bulan terakhir (bila wiraswasta)

Related content