Terapkan Frugal Living, Demi Hidup yang Sejahtera dan Berkualitas

13 May 2024 By Theresia Septiyani Tamba
Terapkan Frugal Living, Demi Hidup yang Sejahtera dan Berkualitas

Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, terpaan informasi dari internet sangat mudah untuk kita terima. Khususnya untuk generasi milenial dan generasi Z yang sudah sangat familiar dengan internet, bisa menjadi pengalaman yang negatif kita melihat tren yang berubah-ubah setiap waktunya yang bisa mengakibatkan gaya hidup menjadi konsumtif. Gaya hidup konsumtif umumnya akan menjadi bencana finansial bagi kebanyakan orang. Maka dari itu, harus ada solusinya, yaitu dengan menerapkan prinsip atau gaya hidup frugal living.

Frugal living adalah gaya hidup dengan penekanan pada pengelolaan keuangan yang bijak dan hemat dalam pengeluaran sehari-hari. Frugal living sering kali disebut dengan hidup dalam keterbatasan dan pelit untuk memenuhi kebutuhan, namun sebenarnya frugal living merupakan gaya hidup hemat dan sangat sederhana yang bisa membuat hidup lebih sejahtera dan berkualitas. Tujuan dari frugal living juga sangat sederhana, yaitu: 

  1. Dapat menghemat pengeluaran dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan uang tabungan yang tersisa dapat digunakan untuk kebutuhan lebih penting, untuk ditabung, atau bahkan diinvestasikan.
  2. Meningkatkan tabungan dengan uang yang tersisa juga bisa direncanakan untuk tujuan keuangan masa depan, misalnya untuk membeli rumah dan sebagainya
  3. Memfokuskan pada kebutuhan utama saja
  4. Dapat mengurangi hutang

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari frugal living, selanjutnya Anda harus memahami prinsip dari frugal living supaya bisa menerapkan sesuai dengan prinsipnya dan hidup sejahtera dan berkualitas Anda bisa terpenuhi!

 

  • Tabungan digunakan untuk membeli barang yang dibutuhkan

Dengan hanya membeli barang yang benar-benar diperlukan saja, Anda bisa menerapkan prinsip frugal living, jadi Anda harus benar-benar teliti dengan membeli barang-barang dari tabungan Anda.

  • Hindari pengeluaran untuk hal yang tidak penting

Seseorang yang menerapkan frugal living harus menghindari pemborosan dengan tidak membeli barang-barang yang tidak penting. Misalnya, hindari untuk membeli barang yang sedang tren pada masanya, namun sebenarnya barang tersebut tidak terlalu penting dan tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Mencari alternatif yang lebih terjangkau

Dalam berbelanja, Anda bisa mencari alternatif barang yang lebih terjangkau. Misalnya, Anda bisa berbelanja dengan memanfaatkan diskon atau potongan promo lainnya, membandingkan harga di beberapa tempat, atau Anda bisa membeli dari thrift store, dan lain sebagainya.

  • Menjaga kestabilan keuangan

Menerapkan prinsip frugal living mengajarkan kita untuk memahami bagaimana pentingnya untuk menjaga seimbangnya antara pemasukan dan pengeluaran. Anda harus membuat cash flow yang baik supaya kestabilan keuangan Anda tetap terjaga.

 

Bukannya mengorbankan kualitas hidup dengan membatasi membeli barang dan lainnya, tetapi menerapkan prinsip frugal living adalah tentang memprioritaskan hal yang benar-benar penting dan sudah pasti Anda butuhkan, dan dengan itu, Anda juga bisa mengelola uang secara bijak dan mencapai finansial yang stabil.

 

Ditambah dengan hadirnya Loan Market, sebagai financial aggregator pertama di Indonesia, permasalahan keuangan Anda sebelum menerapkan frugal living dapat teratasi dengan mudah, aman dan juga terpercaya. Loan Market yang sudah tercatat di OJK sejak 2019 menyediakan jasa konsultasi mengenai pinjaman Kredit Pemilikan Rumah (KPR), refinancing, kredit multiguna, dan fasilitas pinjaman lainnya. Loan Market juga berkomitmen untuk menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat. Loan Market berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 27 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat. 

 

Written by: Jasmine Azzahra Siregar (Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Editor: Veronica Winata (Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Approved by: Theresia S. Tamba (SPV Marcomm Loan Market & Ray White PPC)