Tren Bank Konvensional Migrasi Jadi Bank Digital

2021-03-18 By Admin Loan Market
...

Era digital dengan segala disrupsinya dalam teknologi, telah membawa banyak perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan yang kita jalani. Tentu saja, sektor finansial tidak luput mengikuti arus perubahan digitalisasi. Hal itu terbukti dengan munculnya bank digital yang merebak secara global dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan, diikuti perkembangan financial technology (fintech).

Pengertian umumnya, bank digital merupakan bank yang beroperasi secara daring, sehingga tidak memerlukan keberadaaan kantor-kantor cabang. Cara beroperasinya pun dianggap efisien, dan bank bisa menjual berbagai produk finansial secara
bundling. Sehingga diharapkan dapat menjadi stimulus bagi aktivitas lending dan borrowing dalam perbankan, yang menggerakkan roda perekonomian Indonesia.

Dilansir dari bumninc.com, bank digital diprediksi akan punya prospek cerah ke depannya. Perkiraan ini mencuat dari banyaknya penduduk ASEAN yang belum sepenuhnya dilayani oleh bank konvensional, baru sekitar 60 persen penduduk dewasa. Sedangkan pada 2025 mendatang, produk online lending diestimasikan akan bernilai 92 miliar USD serta bertumbuh empat kali lipat dari 2020. Itu berarti, bank digital berpotensi besar untuk mempengaruhi 40 persen penduduk ASEAN untuk melakukan transaksi secara daring.

Terkait perkembangannya yang semakin masif, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan, terdapat dua poin dalam berdirinya bank digital. Pertama, bank berdiri sebagai fully digital bank. Kedua, bank konvensional/existing bertransformasi sebagai bank digital, seperti PT Bank Artos Indonesia yang bertransformasi total menjadi Bank Jago pada 2020 lalu. Bank konvensional pun berlomba-lomba menyediakan layanan dalam platform digital seperti Jenius BTPN, Digibank dari DBS, Nyala dari OCBC, serta Livin’ dari Mandiri yang baru saja rilis 8 Maret 2021 lalu. Bank digital akan terus melakukan inovasi, seiring diberlakukannya proses keamanan yang ketat dalam bertransaksi daring.

Nah, apapun pilihan banknya, tetap persiapkan kebutuhan finansial untuk pembelian properti Anda dengan berkonsultasi di Loan Market. Merupakan financial consultant terpercaya, yang memiliki lebih dari 16 kantor cabang dan 200 Loan Advisers tersebar di kota - kota besar Indonesia. Loan Market siap membantu Anda menemukan keputusan finansial yang tepat. 

Produk Loan Market meliputi Kredit Rumah, Multiguna, Modal Usaha, Deposito, Kredit Investasi dan Take Over Kredit. Pilih produk pinjaman yang tepat, karena Loans Made Simple! Yuk, buruan kunjungi kantor cabang Loan Market terdekat di kota Anda.

Sumber: Bumninc, Kontan