Suku Bunga Kredit Bank BUMN Turun, Peluang Pertumbuhan Ekonomi Nasional

2021-03-23 By Admin Loan Market
...

 

Berbagai pihak memprediksi pertumbuhan ekonomi nasional selama masa pandemi, bakal tumbuh sekitar 4,3 persen pada 2021. Untuk itu, Bank Indonesia (BI) pun berupaya mendongkrak perbankan nasional dengan menurunkan suku bunga dasar kredit (SBDK), untuk bank BUMN maupun swasta. Langkahnya, BI telah menurunkan suku bunga acuan (7 days reverse repo rate/7DDR) yang turun 150 bps sejak 2020, menjadi 3,5% pada Februari 2021.

Dengan pemberitahuan ini diharapkan para bank segera merespon segera menurunkan suku bunga kredit pada Maret 2021, terkhusus untuk bank BUMN. Diyakini, tingkat suku bunga kredit pada bank BUMN masih menduduki peringkat paling tinggi diantara bank yang lainnya. SDBK bank BUMN tercatat mencapai 10,8 persen pada Januari 2021. Posisi kedua Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang masih di 9,79 persen, berikutnya Bank Syariah dengan 9,46 persen, lalu bank asing sebesar 6,58 persen.

Bunga acuan BI telah turun 125 bps dari Januari 2020 hingga Januari 2021, namun bunga kredit bank secara nasional baru dari 78 bps menjadi 9,72 persen pada periode yang sama. Dilihat dari segmen kreditnya, rata-rata bunga kredit mikro bank secara nasional mencapai 13,77 persen. Bunga kredit konsumsi non-KPR 10,71 persen, bunga kredit ritel 9,63 persen, bunga KPR 9,61 persen, dan bunga kredit korporasi 9,16 persen.

Karena itulah Perry Warjiyo selaku Gubernur Bank Indonesia menyatakan urgensinya kepada bank BUMN terhadap penurunan suka bunga kredit. Karena, hal ini semata-mata untuk mendorong kredit dan pembiayaan bagi dunia usaha serta pemulihan ekonomi nasional. 

Nah, dengan suku bunga kredit yang segera turun, tetap konsultasikan pilihan kredit yang tepat bersama Loan Market! Merupakan financial consultant terpercaya, yang memiliki lebih dari 16 kantor cabang dan 200 Loan Advisers tersebar di kota - kota besar Indonesia. Loan Market siap membantu Anda menemukan keputusan finansial yang tepat. 

Produk Loan Market meliputi Kredit Rumah, Multiguna, Modal Usaha, Deposito, Kredit Investasi dan Take Over Kredit. Pilih produk pinjaman yang tepat, karena Loans Made Simple

Yuk, buruan kunjungi kantor cabang Loan Market terdekat di kota Anda.



Sumber: CNN, Detik