Liburan Akhir Tahun Menyelamatkan Pertumbuhan Ekonomi Kuartal IV 2020

2021-01-20 By Admin Loan Market
...

Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan kegiatan dunia usaha membaik pada kuartal IV 2020, meskipun masih dalam fase kontraksi. Survei ini dilaporkan oleh Bank Indonesia.

Membaiknya kegiatan dunia usaha tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pada kuartal IV 2020 sebesar -3,90 persen. Angkanya membaik dari -5,97 persen pada kuartal III 2020.

Erwin Haryono selaku Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, mengatakan perbaikan kondisi usaha didukung oleh permintaan yang meningkat saat Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan tahun baru.

Sementara pada kuartal I 2021, responden memperkirakan kegiatan usaha akan mencatat kinerja positif dengan SBT sebesar 7,68 persen.

"Berdasarkan sektor ekonomi, peningkatan diperkirakan terjadi pada seluruh sektor ekonomi, terutama sektor Keuangan, sektor Real Estate dan jasa Perusahaan, serta sektor Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Kehutanan dan Perikanan," pungkas Erwin

Pertumbuhan sektor keuangan juga didukung oleh Otororitas Jasa Keuangan (OJK) yang mendorong digitalisasi produk dan proses bisnis di industri jasa keuangan, termasuk memberikan izin bagi Lembaga jasa keuangan untuk menjadi full digital.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyebut dengan memperkuat aturan prudential untuk fintech peer to peer lending dengan meningkatkan permodalan minimum dan menerapkan fit and proper test bagi pengurusnya. Sehingga sektor industri keuangan dapat berkembang dengan maksimal.

 

 

Sumber :

Liputan6

Kompas

Okezone