Program Vaksinasi COVID-19 Harapan Baru Bagi Bangsa

2021-01-11 By Admin Loan Market
...

Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia rencananya akan dilaksanakan pada Rabu (13/1/2021), dengan Presiden Joko Widodo sebagai orang pertama yang disuntik vaksin. Jokowi memastikan bahwa vaksin yang akan digunakan adalah vaksin yang sudah teruji sebelumnya dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan izin Emergency Use Authorization (EUA).

"Sekali lagi ini saya tegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 yang akan digunakan di Indonesia adalah vaksin yang telah diuji melalui penelitian di berbagai negara, terbukti aman," kata Jokowi saat memberikan sambutan virtual dalam HUT PDI-P ke-48, Minggu (10/1/2021).

Setelah Jokowi, program vaksinasi akan dilanjutkan secara serentak di 34 provinsi secara bertahap, dengan prioritas penerima tenaga kesehatan. Para penerima vaksin akan mendapatkan vaksin di Fasilitas Pelayanan Kesehatan milik pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan swasta yang memenuhi syarat.

Saat ini, terdapat tiga juta dosis vaksin yang sudah siap pakai. Jumlah dosis vaksin yang akan dimiliki Indonesia juga akan semakin meningkat. Rencananya, akan ada pengiriman vaksin dari sejumlah sumber seperti Sinovac, Novavax, AstraZeneca, BioNTech-Pfizer, hingga COVAX/GAVI setiap bulannya hingga akhir tahun.

Dikutip dari Detik.com, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengatakan bahwa dibutuhkan waktu berminggu-minggu bagi tubuh seseorang untuk membangun kekebalan setelah vaksinasi. Selain itu, setelah memakai vaksin tidak berarti seseorang 100 persen kebal. Oleh karena itu, penting untuk terus memakai masker dan menjaga jarak serta cuci tangan dengan rutin.

Bersamaan dengan program vaksinasi, pemerintah juga akan tetap melanjutkan program perlindungan sosial bagi masyarakat. Bantuan akan diberikan di antaranya melalui Kartu Sembako, Program Keluarga Harapan, Bansos Tunai, Kartu Prakerja, Bantuan Langsung Tunai Desa, diskon listrik, hingga pemberian insentif bagi dunia usaha.

Sumber:

Kompas

Kontan

Idxchannel

Detik