7 Cara Jitu Sukses Memulai Investasi Properti!

16 May 2024 By Theresia Septiyani Tamba
7 Cara Jitu Sukses Memulai Investasi Properti!

Investasi merupakan suatu proses dimana Anda menempatkan uang atau sumber daya lainnya ke suatu aset atau proyek dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari investasi, seperti mencapai tujuan keuangan di masa depan, memiliki pendapatan pasif, dapat melindungi nilai aset, dan sebagainya. Macam-macam investasi juga bisa dilakukan, salah satunya yang paling menarik dan banyak diminati sekarang-sekarang ini adalah investasi properti. 

Investasi properti sangat digemari oleh para investor karena nilai dari properti memiliki kestabilan yang tinggi dari waktu ke waktunya yang membuat para investor lebih banyak memilih untuk investasi properti karena bisa menawarkan potensi untuk membuahkan pendapatan pasif dengan potensi perkembangan jangka panjang. Berikut adalah cara-cara penting bagi Anda yang ingin memulai investasi properti!

 

  • Pelajari dan lakukan riset

Sebelum memulai investasi properti, hal yang penting untuk dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan riset yang mendalam tentang pasar properti lokal, tren harga, dan potensi pertumbuhan. 

Pelajari karakteristik lingkungan, tingkat kriminalitas, aksesibilitas transportasi, dan kebutuhan pasar di daerah tersebut. Informasi ini akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih matang lagi dalam memilih properti yang untuk diinvestasikan.

  • Mantapkan tujuan investasi properti

Tentukan tujuan investasi Anda secara jelas sebelum memulai. Apakah Anda menginginkan pendapatan pasif dari sewa properti, pertumbuhan nilai properti dalam jangka panjang, atau keduanya? Menetapkan tujuan yang jelas akan membantu dalam mengembangkan strategi investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

  • Hitung risiko dan pengembalian dari investasi properti

Sebelum melakukan investasi properti, Anda harus mempertimbangkan dengan cermat risiko dan potensi pengembalian dari investasi. Hitung biaya-biaya yang terkait dengan kepemilikan properti seperti biaya sewa, biaya perbaikan dan pemeliharaan, pajak properti, dan asuransi. Pastikan bahwa potensi pengembalian investasi Anda sebanding dengan risiko yang Anda ambil.

  • Pilih properti sesuai dengan budget Anda

Ketika Anda sudah dalam tahapan memulai investasi properti, selanjutnya adalah menentukan anggaran investasi Anda dan pilih properti yang sesuai dengan anggaran tersebut. Jangan sampai melampaui kemampuan keuangan Anda hanya untuk membeli properti yang lebih besar atau lebih mahal. Anda juga harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti lokasi, ukuran properti, dan kondisi fisiknya.

  • Perhatikan lokasi properti

Lokasi merupakan faktor kunci dalam menentukan nilai properti dan potensi pertumbuhan dalam investasi properti. Pilihlah properti yang terletak di lokasi yang sudah maju atau memiliki prospek pertumbuhan yang akan berkembang baik di masa depan. Pertimbangkan juga aksesibilitas ke fasilitas umum, transportasi, sekolah, tempat kerja, dan lainnya.

  • Jangan lupakan kondisi properti

Perhatikan kondisi fisik properti sebelum membeli. Lakukan inspeksi menyeluruh untuk mengevaluasi kebutuhan perbaikan atau pemeliharaan yang diperlukan. Hal ini akan membantu Anda menghindari investasi properti yang memerlukan biaya perbaikan yang tinggi dan mengurangi potensi pengembalian investasi Anda.

  • Bermitra dengan investor yang lebih profesional

Jika Anda masih pemula dalam dunia investasi properti, pertimbangkan untuk bermitra dengan profesional seperti agen properti, pengacara, atau insinyur bangunan. Mereka dapat memberikan saran dan panduan yang berharga dalam memilih, membeli, dan mengelola properti investasi Anda.

 

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan kesempatan untuk sukses dalam investasi properti. Selalu ingat untuk melakukan riset yang mendalam, memiliki tujuan investasi yang jelas, dan memperhitungkan risiko dan pengembalian investasi secara cermat sebelum membuat keputusan investasi. Dengan pendekatan yang hati-hati dan strategi yang tepat, investasi properti dapat menjadi sumber pendapatan pasif yang stabil dan memperkuat portofolio investasi Anda dalam jangka panjang. Jika Anda membutuhkan bantuan profesional, Anda bisa dibantu oleh loan adviser yang sudah terpercaya dari Loan Market. Anda akan dibantu dengan cara konsultasi mengenai kebutuhan Anda dengan loan adviser untuk memulai investasi properti. 

 

Loan Market sebagai financial aggregator pertama di Indonesia menyediakan jasa konsultasi mengenai pengajuan hingga keperluan terkait berbagai macam jenis kredit dan pinjaman. Loan Market menawarkan jaringan eksklusif dengan berbagai partner baik dari perbankan, multifinance, fintech, dan koperasi untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan skema pinjaman yang tepat. Loan Market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 29 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website Loan Market di https://www.loanmarket.co.id/.

 

Written by: Jasmine Azzahra Siregar (Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Editor: Veronica Winata (Marcomm Loan Market & Ray White PPC)