Bank Indonesia Rilis Uang Baru Bertepatan dengan HUT ke 75 Tahun RI

18 August 2020 By Marcomm Loan Market
Bank Indonesia Rilis Uang Baru Bertepatan dengan HUT ke 75 Tahun RI

Bank Indonesia merilis uang rupiah khusus dalam rangka peringatan 75 tahun Republik Indonesia, Senin (17/8/2020), Uang rupiah khusus dikeluarkan dan dicetak Bank Indonesia pada saat momen tertentu, seperti perayaan 25 tahun dan 50 tahun Kemerdekaan RI. Dan pada HUT RI kali ini uang khusus tersebut merupakan pecahan Rp 75.000.

Uang khusus pecahan Rp 75.000 ini memiliki warna merah dengan paduan warna putih dan hijau, dengan wajah Soekarno dan Mohammad Hatta. Rupiah khusus merupakan alat pembayaran yang sah. Namun, biasanya tidak digunakan sebagai alat tukar pembayaran.

Uang khusus pada peringatan 25 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, merupakan uang koin dengan gambar lambang negara burung garuda, dan pada sisi belakang terdapat gambar burung cendrawasih. Uang khusus yang diterbitkan tersebut memiliki ragam nominal antara Rp 200 sampai Rp 25.000.

Sementara uang khusus peringatan 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, merupakan uang logam khusus dengan gambar belakang Presiden Soeharto senilai Rp 850. Dan uang khusus lainnya pada perayaan ini merupakan uang koin bernilai Rp 300.000.

Dengan tema “Indonesia Maju”, Ulang Tahun ke-75 tahun ini memiliki makna untuk merepresentasikan Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Meski tahun ini masih dilanda pandemi COVID-19, semangat masyarakat dalam memperingati Kemerdekaan tak berkurang.

 

Sumber:

Kompas

IDN Times

CNBC

Tribun News