Biaya UKT Mahal, Siasati Finansial Yang Baik

12 February 2024 By Theresia Septiyani Tamba
Biaya UKT Mahal, Siasati Finansial Yang Baik

Pendidikan merupakan salah satu hal yang wajib untuk diikuti oleh seluruh masyarakat di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Menurut Wikipedia Pendidikan adalah usaha dasar terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak, ilmu hidup, pengetahuan umum serta keterampilan yang diperlukan dirinya untuk masyarakat berlandaskan Undang-Undang. Pendidikan penting bagi kehidupan ini agar dapat memperoleh banyak ilmu. Salah satu jenjang pendidikan yang tinggi saat ini adalah perguruan tinggi atau kuliah.

Ilustrasi Kuliah. Sumber: mitra wacana media


 

Kuliah merupakan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, satu tingkat di atas Sekolah Menengah Atas atau SMA. Jenjang pendidikan ini lebih memfokuskan minat serta bakat para mahasiswa untuk bekal mencari pekerjaan dan meniti karir untuk masa depan. Biaya yang dikeluarkan untuk berkuliah tidaklah murah dan cenderung mahal. Rincian biaya kuliah juga beragam, mulai dari uang gedung, administrasi, hingga UKT.

UKT sendiri adalah singkatan dari Uang Kuliah Tunggal, besaran biaya yang harus dibayarkan oleh mahasiswa di setiap semester. UKT ini sering menjadi sebuah problematika yang dialami oleh para mahasiswa. UKT dinilai memiliki nominal yang tidak sedikit yang akhirnya menjadi sebuah beban tersendiri bagi para mahasiswa serta orangtua. Namun tahukah anda bahwa pada beberapa kampus yang ada di Indonesia sendiri mematok harga yang lumayan untuk pembayaran UKT. Jika dihitung, mungkin akan membuat anda terkejut. Sebagai gambaran, berikut beberapa daftar kampus di Indonesia yang mematok harga UKT yang terbilang cukup tinggi yang dilansir dari Quipper.

  • Swiss German University 

Swiss German University atau yang bisa disebut SGU merupakan universitas internasional pertama dengan lisensi akademik yang sudah diakui berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia. Untuk dapat berkuliah disini anda harus membayar UKT sebesar Rp 27,5 juta hingga Rp 30 juta.

  • President University

Selanjutnya adalah President University. Kampus yang memiliki banyak segudang fasilitas dan jurusan yang anda inginkan. Kampus ini sudah menggendong akreditasi A, sehingga kampus ini dapat dipercaya dalam akademik. Untuk dapat berkuliah disini anda harus membayar UKT sebesar Rp 8 juta hingga Rp 32 juta. Cukup mahal bukan?

  • Universitas Pelita Harapan

Siapa yang tidak kenal dengan kampus yang satu ini, kampus ini terkenal karena biaya nya yang mahal. Universitas Pelita Harapan atau UPH ini memiliki banyak fakultas yang sesuai dengan keinginan anda. Fakultas tersebut antara lain Farmasi, Desain Komunikasi Visual, Teknik Informatika, dan masih banyak lagi. Butuh uang sebanyak Rp 200 juta setidaknya jika anda tertarik untuk berkuliah disini. Biaya tersebut adalah kisaran harga untuk berkuliah hingga lulus.

  • Universitas Bina Nusantara

Universitas BIna Nusantara atau yang biasa akrab dengan panggilan Binus merupakan salah satu kampus yang ada di Indonesia dengan biaya kuliah yang cukup tinggi. Biaya kuliah ini terbilang sebanding dengan segala fasilitas yang disediakan oleh kampus tersebut. Dengan memiliki fasilitas yang lengkap dan sudah terakreditasi A, kampus ini mematok biaya UKT sebesar Rp 17 juta hingga Rp 23 juta.

  • Universitas Trisakti

Universitas Trisakti merupakan satu-satunya kampus yang didirikan oleh pemerintah Republik Indonesia. Kampus ini merupakan salah satu kampus yang paling bergengsi di Indonesia. Tidak hanya bergengsi, kampus ini juga terkenal dengan biaya UKT yang cukup mahal. Jika anda berminat untuk berkuliah disini, anda harus membayar UKT sebesar Rp 14 juta hingga Rp 32 juta. 

Jika dilihat dari beberapa universitas diatas, maka biaya untuk jenjang pendidikan kuliah memang tidaklah murah, maka dari itu anda harus mempersiapkan segala kebutuhan finansial anda mulai dari sekarang. Melakukan kesiapan finansial merupakan sesuatu hal yang penting yang akan memberikan dampak besar untuk kehidupan anda kedepannya. Pasalnya dengan mempersiapkan finansial yang baik akan memberikan keringanan tersendiri. 

Finansial yang matang bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menabung, investasi, deposito, dan lain sebagainya. Jika finansial belum baik dan stabil namun sudah harus membayar biaya pendidikan melakukan pinjaman untuk dana pendidikan menjadi salah satu opsi. Melakukan pinjaman tidak bisa sembarangan dan harus menemukan lembaga yang terpercaya. Loan Market memiliki segala kebutuhan Loan Market Indonesia sebagai financial aggregator pertama di Indonesia menyediakan jasa konsultasi mengenai pengajuan hingga keperluan terkait berbagai macam jenis kredit dan pinjaman. Loan market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 27 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat.


 Written by: Dimas Bagus Prakoso
Intern Marcomm Loan Market
Editor: Theresia S. Tamba (SPV Marcomm Loan Market)