Gejolak Ekonomi Global tak jadikan Pemerintah Pesimis Wujudkan Indonesia Emas 2045

01 November 2023 By Theresia Septiyani Tamba
Gejolak Ekonomi Global tak jadikan Pemerintah Pesimis Wujudkan Indonesia Emas 2045

Kondisi ekonomi global saat ini dinilai sedang tidak baik-baik saja. Hal ini terindikasi dari sejumlah proyeksi pertumbuhan ekonomi global di 2024 baik dari Dana Moneter Internasional atau IMF, Bank Dunia, hingga lembaga lainnya, yang cenderung terus mengalami penurunan. 

Kecenderungan penurunan proyeksi ekonomi global tersebut dilihat secara kuartalan atau quarter to quarter (qoq). Dari proyeksi yang ada pun dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi global pada tahun depan hanya berada pada kisaran 2,7 persen.  

Merosotnya proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia disebabkan oleh tingkat inflasi yang cenderung meningkat. Meskipun begitu, Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi nasional tetap tumbuh positif pada 2023 ini. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tumbuh sebesar 5,1% secara tahunan (year-on-year/yoy) pada kuartal III/2023. Pertumbuhan ekonomi pada kuartal III/2023 didukung oleh konsumsi domestik yang meningkat, seiring dengan aktivitas menjelang Pemilu, serta inflasi yang relatif terkendali.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan bahwa saat ini Indonesia tengah berada di momen krusial untuk mempersiapkan berbagai prasyarat demi mewujudkan pencapaian Indonesia Emas 2045. Tahun 2023 dan 2024 dinilai akan menjadi lompatan awal untuk memperkuat fondasi transformasi ekonomi yang dicanangkan di tahun 2025 nanti. Pelaksanaan transformasi ekonomi dan optimalisasi potensi yang dimiliki menjadi landasan untuk mencapai visi tersebut. Rancangan RPJPN 2025-2045, transformasi tata kelola juga menjadi salah aspek transformasi yang akan terus digarap oleh Pemerintah. 

Di kancah internasional, Indonesia juga tengah berupaya mengajukan aksesi menjadi anggota OECD. Proses persiapan aksesi tersebut membutuhkan sejumlah kerangka regulasi dan standar domestik yang harus memenuhi standar OECD. Upaya Pemerintah ini akan beriringan juga dengan upaya meningkatkan daya saing Indonesia sebagai bagian dari transformasi menjadi negara maju, setara dengan anggota OECD lainnya. 

Dengan kondisi fundamental ekonomi saat ini yang cukup solid dan berbagai kebijakan yang telah diimplementasikan serta dengan upaya memitigasi arah kebijakan di masa mendatang tersebut, Pemerintah optimis mampu mewujudkan visi Indonesia Emas di tahun 2045.