Jenis-jenis Asuransi KPR untuk Menghindari Risiko Tak Terduga

30 April 2024 By Theresia Septiyani Tamba
Jenis-jenis Asuransi KPR untuk Menghindari Risiko Tak Terduga

Dalam perjalanan hidup yang penuh dengan ketidakpastian, asuransi menjadi sebuah perisai finansial yang mampu melindungi kita dari berbagai risiko yang tidak terduga. Asuransi merupakan sebuah kontrak yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, di mana individu membayar premi untuk mendapatkan perlindungan finansial dalam situasi-situasi tertentu, seperti kecelakaan, penyakit serius, atau kerugian harta benda.

 

Jadi Apa Itu Asuransi?

Asuransi adalah sebuah perjanjian di mana pihak yang diasuransikan membayar premi, biasanya dalam bentuk pembayaran berkala, dan dalam pertukaran, perusahaan asuransi menawarkan perlindungan finansial atau kompensasi atas kerugian, cedera, atau kerusakan tertentu yang terjadi. Tujuan utama dari asuransi adalah untuk memberikan ketenangan pikiran dan keamanan finansial bagi pemegang polisnya, mengurangi dampak dari risiko yang mungkin terjadi di masa depan. 

Asuransi terdiri dari banyak jenis, seperti asuransi kesehatan untuk biaya pengobatan medis yang mahal, asuransi perjalanan untuk memberikan perlindungan terhadap risiko yang terkait dengan perjalanan. Adapun terdapat asuransi jiwa yang digunakan untuk memberikan manfaat finansial kepada keluarga atau ahli waris jika pemegang polis meninggal dunia.

Ketika membeli rumah dengan kredit kepemilikan rumah (KPR), banyak dari kita cenderung fokus pada proses pinjaman itu sendiri tanpa mempertimbangkan risiko yang terkait dengan kepemilikan rumah. Namun, dengan kepemilikan rumah datang tanggung jawab finansial yang besar, dan risiko tak terduga dapat muncul kapan saja. Misalnya saat peminjam mengalami sakit atau meninggal dunia sebelum melunasi KPR atau hal lain seperti bencana alam. Dengan adanya asuransi KPR, properti kamu akan mendapatkan perlindungan dari kemungkinan risiko tidak terduga di masa depan.

Untuk melindungi diri dari kemungkinan risiko yang tidak diinginkan, penting untuk mempertimbangkan asuransi KPR. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi jenis-jenis asuransi KPR yang tersedia untuk membantu Anda mengelola risiko tersebut.

 

  • Asuransi Rumah (Kebakaran dan Gempa Bumi)

Asuransi kebakaran dan gempa bumi melindungi rumah Anda dari kerugian yang disebabkan oleh kebakaran atau gempa bumi. Asuransi mencakup kerusakan struktural pada bangunan, serta kerugian harta benda di dalamnya. Dalam beberapa wilayah yang rawan gempa bumi, asuransi ini mungkin menjadi keharusan untuk melindungi investasi Anda.

  • Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah perlindungan finansial bagi keluarga Anda dalam hal terjadi kematian tak terduga yang menimpa Anda sebagai pemilik rumah. Dengan asuransi jiwa, keluarga akan menerima pembayaran yang dapat membantu mereka melunasi sisa hutang KPR jika Anda meninggal dunia, sehingga mereka tidak akan terbebani dengan tanggungan keuangan yang besar.

  • Asuransi Sakit Kritis

Asuransi Sakit Kritis (Critical Illness Plan) adalah sebuah bentuk perlindungan tambahan yang dapat diambil oleh pemilik rumah KPR guna melindungi diri mereka dari risiko keuangan yang terkait dengan penyakit kritis. Meskipun asuransi kebakaran, gempa bumi, atau asuransi jiwa mungkin sudah menjadi bagian dari polis asuransi KPR, asuransi ini menawarkan perlindungan khusus terhadap biaya yang timbul akibat penyakit serius yang mungkin Anda alami. Asuransi sakit kritis memberikan pembayaran tunai kepada pemegang polis jika mereka didiagnosis menderita penyakit serius yang ditetapkan dalam polis. Penyakit-penyakit ini umumnya meliputi kanker, serangan jantung, stroke, gagal ginjal, dan penyakit lainnya yang seringkali memerlukan perawatan medis intensif dan biaya yang besar.

 

Loan Market sebagai financial aggregator pertama di Indonesia menyediakan jasa konsultasi mengenai pengajuan hingga keperluan terkait berbagai macam jenis kredit dan pinjaman. Loan Market menawarkan jaringan eksklusif dengan berbagai partner baik dari perbankan, multifinance, fintech, dan koperasi untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan skema pinjaman yang tepat. Loan Market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 29 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat. Selamat mudik dan selamat merayakan bulan Ramadhan!

 

Written by: Mela Oktafiani

Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC

Editor : Veronica Winata (Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Approved by : Theresia S. Tamba (SPV Marcomm Loan Market & Ray White PPC)