Kalian Generasi Muda yang Ingin Memulai Investasi Saham? Yuk Ikuti Panduan Ini!

28 May 2024 By Marcomm Loan Market
Kalian Generasi Muda yang Ingin Memulai Investasi Saham? Yuk Ikuti Panduan Ini!

Dewasa ini, sudah banyak generasi muda yang melek finansial. Dalam artian, banyak generasi muda yang sudah paham akan pentingnya permasalahan finansial dan bahkan di waktu muda nya ini banyak sekali yang ingin segera mencapai financial freedom secepatnya. Salah satu hal yang sudah mulai dilakukan generasi muda untuk mencapai financial freedom adalah dengan melakukan investasi saham.

 

Investasi saham adalah produk investasi dimana seseorang atau suatu badan usaha melakukan penanaman modal dengan bentuk penyertaan dana ke suatu perusahaan. Untuk memulai investasi saham bisa saja dilakukan oleh siapapun yang memang sudah memahami berbagai konsep dan risiko asal memiliki tujuan yang jelas. Bagi Anda generasi muda yang ingin memulai investasi saham, yuk ikuti panduan ini!

 

  • Pelajari tentang saham terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah perbanyak literasi mengenai investasi dan juga saham. Pelajari dulu berbagai jenis, risiko, dan return dari instrumen investasi saham Anda, sebelum Anda memulai investasi saham. Anda bisa mempelajari mengenai investasi dan saham melalui berbagai macam sumber literatur atau bisa dengan berdiskusi dengan seseorang yang sudah jauh lebih berpengalaman.

  • Pahami konsep dan risiko investasi saham

Setelah Anda mempelajari mengenai saham, hal yang Anda lakukan selanjutnya adalah pahami terlebih dahulu mengenai konsep dan risiko dari investasi saham. Ketika Anda telah memahami konsep dan risiko dari investasi saham, Anda bisa menetapkan tujuan Anda dalam melakukan investasi saham, serta supaya Anda tidak terjebak risiko yang buruk di kemudian hari.

  • Investasikan dana pada perusahaan yang tepat

Jika Anda ingin memulai investasi saham, Anda harus terus mencari informasi mengenai perusahaan-perusahaan yang akan Anda investasikan nantinya. Informasi yang bisa Anda cari adalah bagaimana kualitas saham, rekam jejak dari perusahaan, laporan keuangan, dan aspek-aspek lainnya. Hal ini dilakukan supaya Anda bisa lebih kenal perusahaan yang nantinya akan Anda investasikan dan bisa lebih paham mengenai risiko kedepannya.

  • Jalankan investasi dengan baik dan disiplin

Ketika Anda telah mulai menjalankan investasi saham, lakukanlah dengan baik dan disiplin. Buatlah strategi yang tepat dan selalu ingatlah tujuan utama Anda ketika memulai investasi saham. Jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi kinerja investasi saham Anda secara berkala untuk meminimalisir risiko.

 

Jika Anda generasi muda yang ingin memulai investasi saham, sebelum mengikuti panduan diatas, ada baiknya Anda telah memiliki kesiapan finansial yang matang. Selain itu, Anda juga bisa mencari mentor atau seseorang yang sudah profesional dan berpengalaman jauh sebelum Anda, untuk membimbing Anda dalam memulai investasi saham. Bagi Anda yang mulai tertarik dengan investasi saham dan perlu untuk mengajukan pinjaman, Loan Market menawarkan berbagai layanan pinjaman dengan mudah untuk Anda.

 

Loan Market sebagai financial aggregator pertama di Indonesia menyediakan jasa konsultasi mengenai pengajuan hingga keperluan terkait berbagai macam jenis kredit dan pinjaman. Loan Market menawarkan jaringan eksklusif dengan berbagai partner baik dari perbankan, multifinance, fintech, dan koperasi untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan skema pinjaman yang tepat. Loan Market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 29 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website Loan Market di https://www.loanmarket.co.id/.

 

Written by: Jasmine Azzahra Siregar (Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Approved by: Veronica Winata (Marcomm Loan Market & Ray White PPC)