Kenali Dulu Kelebihan Dan Kekurangan Dari Rumah Subsidi

24 February 2024 By Theresia Septiyani Tamba
Kenali Dulu Kelebihan Dan Kekurangan Dari Rumah Subsidi

Rumah saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan primer yang hadir di tengah-tengah masyarakat. Mempunyai rumah merupakan sebuah impian besar bagi banyak orang. Maka dari itu, banyak dari orang yang berlomba-lomba untuk menggapai rumah impian mereka. Rumah juga bisa dibuat sebagai investasi jangka panjang. Banyak rumah yang tersebar dengan berbagai jenis, salah satunya adalah rumah bersubsidi. 

Rumah subsidi merupakan jenis rumah yang dibangun atau dibuat oleh pemerintah melalui Kementerian PUPR yang bertujuan untuk memberikan akses kemudahan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah atau menengah untuk memiliki hunian. Sebelum anda membeli rumah subsidi, anda perlu mengetahui apa saja kelebihan serta kekurangan dari rumah subsidi.

Kelebihan Rumah Subsidi

  • Harga Dan Cicilan Yang Murah

Jika anda mempertimbangkan untuk membeli rumah subsidi anda akan mendapatkan harga yang murah. Jika dilihat rumah subsidi rata-rata memiliki harga mulai dari Rp162 juta rupiah hingga Rp200 jutaan. Dengan harga yang murah, maka cicilan yang akan didapat juga akan murah. Pasalnya penerapan kredit rumah subsidi menerapkan suku bunga KPR tetap sebesar 5%. 

  • Pinjaman Dengan Tenor Panjang

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh rumah subsidi adalah tenor pinjaman yang panjang. Jika anda ingin membeli rumah subsidi maka anda bisa mendapatkan tenor panjang hingga 20 tahun. Jika anda merupakan PNS atau Pegawai Negeri Sipil, anda bisa mengajukan KPR dengan tenor waktu pinjaman hingga 30 tahun. 

  • DP Ringan

Selain harganya yang murah, rumah subsidi memiliki kelebihan lainnya. Kelebihan tersebut adalah anda akan mendapatkan pembayaran uang muka yang ringan. Jika anda ingin mengajukan KPR subsidi maka anda tidak perlu susah payah untuk mengumpulkan uang hingga puluhan juta. Uang muka ringan ini bisa dimulai dari 1% saja dari harga rumah. Misalnya jika anda membeli rumah dengan harga Rp200 juta rupiah maka anda hanya perlu membayar Rp2 juta rupiah saja untuk uang muka.

 

Kekurangan Rumah Subsidi

  • Lokasi Pinggiran

Seperti yang diketahui bahwa jika harga rumah yang berada di pusat kota cenderung lebih mahal. Maka dari itu rumah subsidi mengakali hal tersebut untuk harga yang lebih murah. Namun, karena harganya yang murah, rumah subsidi harus berada jauh dari pusat kota. Untuk menangani hal tersebut, tentu perlu adanya pertimbangan yang lebih dalam lagi mengenai akses yang mudah untuk dijangkau seperti jalan tol terdekat, sekolah, dan lainnya.

  • Ukuran Rumah Yang Kecil

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh rumah subsidi adalah ukuran rumah yang tidak terlalu luas. Hal ini wajar saja mengingat harga tanah yang kian waktu kian meningkat. Biasanya rata-rata luas bangunan dari rumah subsidi mulai dari 21 meter persegi hingga 36 meter persegi.

Jika anda ingin melakukan program KPR untuk memenuhi kebutuhan rumah, percayakan kepada lembaga yang terpercaya. Loan Market menawarkan jaringan eksklusif dengan berbagai partner baik dari perbankan, multifinance, fintech, dan koperasi untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan skema pinjaman yang tepat. Loan market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 27 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat.