Kenali Istilah Tenor Dalam Kredit Kepemilikan Rumah

08 March 2024 By Theresia Septiyani Tamba
Kenali Istilah Tenor Dalam Kredit Kepemilikan Rumah

Memiliki rumah tentu bukanlah sebuah hal yang mudah untuk didapatkan dalam waktu yang singkat. hal ini ditunjukkan oleh data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kementerian PUPR mengatakan bahwa terdapat hampir 11 juta rumah tangga di Indonesia masih belum memiliki rumah pada tahun 2022. Hal ini menunjukkan betapa sulitnya untuk memiliki hunian yang mereka inginkan. Maka dari itu terbitlah program KPR yang sekarang kita kenal.

KPR merupakan singkatan dari Kredit Kepemilikan Rumah. Secara umum, KPR memiliki arti sebuah fasilitas skema kredit yang dituju kepada perorangan untuk mendapat keringanan dalam membeli rumah. KPR merupakan salah satu fasilitas yang banyak ditawarkan untuk membantu masyarakat dalam memiliki rumah idaman mereka. Dengan adanya program KPR ini diharapkan masyarakat akan terbantu dengan adanya KPR. Dalam KPR terdapat istilah tenor. Bagi anda yang belum memahami apa itu “tenor” dalam istilah pada KPR, simak lebih lanjut penjelasan dibawah ini ya!

Apa Itu Istilah Tenor Dalam KPR

Mungkin kamu tidak asing lagi dengan kata yang satu ini, karena memang kata ini sangat melekat pada dunia perkreditan. Tenor dalam Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR mengacu pada jangka waktu atau periode yang diberikan oleh pihak dari bank atau lembaga keuangan kepada peminjam untuk melunasi pinjaman KPR yang telah diberikan pada jangka waktu tertentu yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak.

Pentingnya Memilih Tenor Yang Tepat

Anda harus mempertimbangkan untuk memilih tenor yang tepat dalam mengajukan KPR. Pasalnya, tenor merupakan hal yang cukup penting dan krusial ketika sedang dalam melakukan kredit. Hal ini menjadi penting karena memang tenor akan berdampak kepada jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya kepada pihak yang bersangkutan dan akan berdampak kepada total keseluruhan dari biaya yang harus dikeluarkan selama kredit masih berjalan nantinya. Maka dari itu anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

  1. Perhatikan Cicilan Bulanan
    Jika anda ingin mencicil rumah pastikan terlebih dahulu cicilan bulanannya. tenor yang lebih panjang akan cenderung menghasilkan cicilan bulanan yang rendah. Hal ini akan menjadi sebuah kabar baik bagi anda yang menginginkan hunian impian namun masih terbatas dalam finansial. Hal ini juga akan membuat anda menjadi lebih tenang karena cicilan yang harus dibayarkan tidak akan mengganggu finansial anda yang ditakutkan akan menimbulkan tekanan keuangan berlebihan.
  2. Hitung Total Seluruh Biaya
    Dengan menggunakan tenor yang panjang memberikan sebuah keuntungan karena memang cicilan yang harus dibayarkan menjadi lebih ringan dan rendah. Namun, perlu diperhatikan bahwa total seluruh biaya yang dibayarkan akan menjadi lebih mahal. Hal ini bisa terjadi karena adanya bunga yang dikenakan oleh pihak bank selama proses peminjaman berlangsung. Jika finansial sudah lebih stabil, anda bisa mengambil tenor yang lebih singkat karena bunga tidak akan setinggi tenor panjang.
  3. Kesanggupan Membayar
    Pastikan anda memang mampu untuk membayar cicilan yang diberikan oleh pihak bank. Jika hal ini disepelekan maka anda akan mendapatkan beban pada finansial untuk kedepannya. Anda hanya perlu memilih tenor mana yang akan diambil. Jika mengambil tenor panjang, pastikan anda mampu untuk membayar cicilan untuk waktu yang cukup lama. Jika mengambil tenor yang pendek, pastikan anda dapat membayar cicilan setiap bulannya tanpa ada kendala.

Loan Market sebagai financial aggregator pertama di Indonesia menyediakan jasa konsultasi mengenai pinjaman Kredit Pemilikan Rumah (KPR), refinancing, kredit multiguna, dan fasilitas pinjaman lainnya. Loan Market menawarkan jaringan eksklusif dengan berbagai partner baik dari perbankan, multifinance, fintech, dan koperasi untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan skema pinjaman yang tepat. Loan market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 29 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat.  

 

 

Written by: Dimas Bagus Prakoso
Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC
Editor : Veronica Winata (Marcomm Loan Market & Ray White PPC)
Approved by : Theresia S. Tamba (SPV Marcomm Loan Market & Ray White PPC)