Ketahui Peran dan tanggung jawab seorang Agen KPR Loan Market.

30 January 2024 By Theresia Septiyani Tamba
Ketahui Peran dan tanggung jawab seorang Agen KPR Loan Market.

Jika disingkat, agen KPR Loan Market atau yang dikenal sebagai Loan Advisers, hadir dalam rangka membantu masyarakat untuk mempermudah proses pengajuan KPR dari awal hingga akhir untuk membiayai rumah impian mereka. Lantas, itu hanya garis besarnya saja. Untuk para Gen Z dan Milenial yang tertarik menjadi Loan Advisers, berikut merupakan beberapa gambaran besar peran dan tanggung jawabmu nantinya:

  • Bekerja Sama dan Berhubungan dengan Bank dan Lembaga Keuangan lainnya

Tentunya, sebagai agen atau perantara yang mengkoordinasikan calon pembeli dengan bank, salah satu tugas utama seorang Loan Advisers merupakan untuk banyak bekerja sama dengan bank maupun lembaga keuangan lainnya. Seorang Loan Adviser memiliki jaringan yang luas dengan bank-bank guna membantu para klien untuk mendapatkan proses pengajuan KPR terbaik dan informasi kebijakan keuangan yang terupdate.

Selain itu, kerja sama Loan Advisers dengan bank maupun lembaga keuangannya lainnya pun meliputi proses negosiasi yang dapat dilakukan untuk mewakili seorang klien. Loan Advisers memiliki kewajiban untuk memberi penawaran terbaik kepada kliennya. Oleh karena itu, Loan Advisers akan bantu bernegosiasi kepada bank untuk memberi syarat KPR yang paling menguntungkan kepada klien dan memastikan klien memahami semua ketentuan yang diajukan. 

  • Menjadi Konsultan dan Sumber Informasi Klien

Loan Advisers akan menjadi konsultan dan sumber informasi utama klien untuk mendapatkan informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan keuangan dan properti. Sebagai konsultan, Loan Advisers memiliki tanggung jawab untuk membantu klien mengelola uangnya, menganalisa kondisi keuangan klien dan memberi nasihat keuangan berdasarkan analisanya. Hal tersebut berguna agar Loan Advisers dapat memberi nasihat terbaik untuk klien dalam prosesnya mengajukan KPR kepada bank. 

Selain menjadi konsultan dalam keuangan, Loan Advisers juga harus terus mempunyai informasi terbaru dan terupdate mengenai kebijakan dan syarat-syarat yang ada untuk pengajuan KPR di bank. Banyak situasi dimana pengajuan KPR ditolak oleh bank karena tidak memenuhi persyaratan atau kebijakan terbarunya. Maka, Loan Advisers harus memastikan bahwa regulasi terbaru diketahui agar dapat membantu mengarahkan klien dengan baik dan lancar hingga akhir.

  • Administrasi

Pengajuan KPR pastinya memerlukan berkas-berkas penting yang dibutuhkan oleh klien. Maka dari itu, Loan Advisers juga akan turut serta membantu klien mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan dalam proses pengajuan KPR. Seorang Loan Advisers akan membantu menyusun dan melacak dokumen yang diperlukan untuk membantu proses administrasi klien. Kemudian, selama proses pengajuan KPR, Loan Advisers juga akan memastikan dokumen lengkap dan akurat.

  • Kolaborasi dengan Berbagai Pihak

Dari definisi yang diberi di awal artikel ini sendiri, Loan Advisers mengacu pada orang-orang yang bekerja sebagai perantara untuk membantu para calon pembeli rumah dan bank atau lembaga keuangan lainnya. Dengan begitu, Loan Advisers akan bekerja di lingkungan luas yang melibatkan pihak-pihak dari lembaga keuangan, calon pembeli rumah, penjual properti, dan pihak terkait lainnya. Maka dari itu, Loan Advisers harus membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan pihak tersebut agar dapat berkolaborasi dengan lancar dan profesional.

Empat poin di atas merupakan gambaran kasar bagi para Gen Z dan Milenial yang tertarik untuk menempuh karir menjadi Loan Advisers. Peluang karir menjadi bankir memang sangat luas opsinya, tetapi jika kamu ingin bekerja dengan waktu yang fleksibel, memiliki pendapatan yang tinggi, dan mendapatkan  jaringan networking yang luas. Maka, menjadi Loan Advisers merupakan jalur karir yang sangat cocok bagi kamu Gen Z atau Milenial yang ingin memiliki peluang karir bankir di zaman masa kini.