Lagi Cari Fasilitas KPR Syariah? Berikut Ini 10 Rekomendasi Produk KPR Syariah Terbaik Tahun Ini

04 March 2024 By Theresia Septiyani Tamba
Lagi Cari Fasilitas KPR Syariah? Berikut Ini 10 Rekomendasi Produk KPR Syariah Terbaik Tahun Ini

Salah satu prinsip utama dalam KPR Syariah adalah larangan riba atau bunga. Dalam KPR Syariah, bank atau lembaga keuangan yang menyediakan pembiayaan tidak menetapkan bunga atas pinjaman uang, tetapi menggunakan mekanisme pembagian risiko dan keuntungan sebagai pengganti bunga. Dalam KPR Syariah, risiko dan keuntungan dibagi antara pihak bank dan pemohon pembiayaan. Bank bertindak sebagai mitra atau investor yang membeli properti secara bersama-sama dengan pemohon pembiayaan, dan pemohon membayar kembali jumlah yang telah disepakati secara berkala, tanpa tambahan bunga.

Transaksi dalam KPR Syariah didasarkan pada prinsip transparansi dan keterbukaan. Semua biaya dan persyaratan yang terkait dengan pembiayaan, termasuk pembagian risiko dan keuntungan, dijelaskan dengan jelas kepada pemohon pembiayaan sebelum transaksi dilakukan. Dalam KPR Syariah, tidak ada denda keterlambatan yang dikenakan jika nasabah telat membayar cicilan. Hal ini memberikan kepastian dan kenyamanan bagi nasabah dalam mengelola keuangan mereka tanpa beban tambahan atas keterlambatan pembayaran.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi 10 produk KPR Syariah terbaik di tahun 2024 yang dapat menjadi pilihan Anda:

  1. Bank Syariah Mandiri (Griya BSM)
    BSM menawarkan berbagai produk KPR Syariah dengan beragam skema pembayaran dan suku bunga yang kompetitif. Mereka memiliki program-program fleksibel yang cocok untuk berbagai kebutuhan pembeli rumah. Peminjam memiliki kesempatan untuk memperoleh hunian baru atau bekas dengan menggunakan metode transaksi jual beli melalui akad murabahah. 
    Griya BSM tidak menerapkan batasan maksimum jumlah pinjaman yang ditetapkan oleh Griya BSM, akan tetapi jumlahnya akan disesuaikan dengan penghasilan bulanan peminjam. Tarif keuntungan yang diajukan adalah 9,45% flat untuk pinjaman yang memiliki periode angsuran hingga 15 tahun. Semakin pendek jangka waktu angsuran, semakin rendah pula jangka waktunya. Nah, ada tawaran menarik hanya untuk karyawan tetap Bank Syariah Mandiri yang tertarik mengajukan KPR syariah, mereka berkesempatan untuk memperoleh jangka waktu pinjaman hingga 20 tahun dengan rekomendasi.
  2. Bank Muamalat Indonesia 
    Bank Muamalat menawarkan KPR Syariah dengan berbagai fitur seperti plafon kredit yang fleksibel dan periode pembayaran yang dapat disesuaikan. Bank Muamalat juga menyediakan fasilitas layanan kredit perumahan yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung pembiayaan pembelian rumah, pembangunan, renovasi, atau pun takeover. Tak hanya kebutuhan rumah, KPR ini juga mencakup jenis properti lainnya seperti apartemen dan rumah susun.
    Transaksi dilakukan melalui akad murabahah dan mutanaqisah (kerja sama) dengan menerapkan sistem bagi hasil yang adil antara bank dan nasabah. Keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan KPR Bank Muamalat adalah biaya administrasi yang kompetitif. Selain itu, KPR Muamalat iB bisa diajukan dengan joint income atau menggunakan pendapatan bersama yang disimpan dalam satu rekening.
    Margin yang ditawarkan untuk dua tahun pertama adalah sebesar 9,5% kemudian untuk tahun berikutnya menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku selama periode angsuran. Uang muka yang dibutuhkan sekitar 10% dari nilai properti, sementara jangka waktu maksimal pinjaman adalah 15 tahun.
  3. KPR BRI Syariah
    Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah memiliki dua fasilitas kredit rumah, yaitu KPR Faedah BRIsyariah iB dan KPR Sejahtera BRIsyariah iB dengan tujuan yang berbeda.
    KPR Faedah BRIsyariah iB menyediakan KPR dengan plafon pembiayaan mulai dari Rp25 juta hingga Rp3,5 miliar. Debitur bisa mendapatkan pembiayaan hingga 90% dari nominal yang diajukan dengan minimal uang muka 10%. Fasilitas ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti pembelian rumah, ruko, kavling, renovasi, atau take over dengan prinsip syariah murabahah dan ijarah.
    Sementara itu, KPR Sejahtera BRIsyariah iB dirancang khusus untuk membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) membeli rumah subsidi dengan harga terjangkau. Fasilitas ini mencakup pembelian rumah tapak dan rumah susun dengan jangka waktu maksimal 15 tahun. Cicilan ringan dipatok sekitar Rp7.000-an per bulan untuk kelipatan pembiayaan Rp1.000.000 dengan uang muka ringan hanya sekitar 1% dari harga rumah. Margin pembiayaan ditetapkan sekitar 5% per tahun dengan metode perhitungan anuitas. Untuk mengajukan KPR ini, nasabah diwajibkan membuka rekening di Bank BRI Syariah.
  4. Bank CIMB Niaga Syariah
    CIMB Niaga Syariah menawarkan dua fasilitas kredit rumah berbasis syariah, yaitu KPR iB CIMB Niaga dan KPR iB Flexi CIMB Niaga. Menurut informasi yang terdapat di situs resmi CIMB Niaga, kedua fasilitas ini menawarkan margin yang kompetitif. Untuk KPR iB CIMB Niaga, margin yang ditawarkan adalah 6,19% untuk tenor kurang dari 11 tahun, dan 7,54% untuk tenor 11-15 tahun. Secara umum, keduanya menawarkan fitur yang serupa, seperti pembiayaan untuk berbagai jenis properti termasuk pembelian rumah, apartemen, ruko, kavling tanah, multiguna, pembangunan, renovasi, pengambilalihan, dan penambahan dana. Perbedaannya, KPR iB CIMB Niaga memiliki tenor hingga 15 tahun dengan cicilan flat hingga akhir, sementara KPR iB Flexi CIMB Niaga menawarkan tenor hingga 25 tahun dengan angsuran yang lebih fleksibel.
  5. Bank BNi Syariah
    BNI Syariah menyediakan fasilitas pembiayaan rumah sesuai prinsip syariah, yang dikenal dengan KPR Syariah yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan membantu membeli, membangun, dan merenovasi rumah dengan pembiayaan yang sesuai syariah. Melalui BNI Griya iB Hasanah, para debitur dapat memperoleh pembiayaan hingga Rp25 miliar dengan jangka waktu pembayaran maksimal 20 tahun bagi mereka yang memiliki pendapatan tetap. Fasilitas kredit syariah ini tidak hanya berlaku untuk rumah saja; tetapi juga dapat digunakan untuk berbagai jenis properti seperti ruko, rukan, rusun, apartemen, dan jenis properti lainnya. Jenis akad yang ditawarkan untuk pembiayaan rumah sesuai syariah termasuk murabahah dan mutanaqisah. Berdasarkan informasi dari moneysmart, margin yang ditawarkan oleh KPR Syariah BNI bervariasi tergantung pada tenor yang dipilih oleh debitur. Memilih tenor yang lebih pendek akan menghasilkan margin yang lebih rendah. Sebagai contoh, KPR Syariah dengan tenor 15 tahun memiliki margin sebesar 8,71%, sedangkan tenor 20 tahun memiliki margin sebesar 9,49%.
  6. Bukopin Syariah
    Anda dapat membeli atau merenovasi rumah tinggal, apartemen, rusun, ruko, atau rukan dengan memanfaatkan fasilitas iB Kepemilikan Rumah dari Bank Bukopin Syariah. Menurut informasi dari situs syariahbukopin.co.id, bank menawarkan margin keuntungan yang kompetitif. Anda bisa mendapatkan pembiayaan hingga 80% dari harga properti yang Anda ajukan, tergantung pada jenis dan tujuan pembelian properti tersebut (apakah rumah pertama, kedua, atau ketiga).
    Bank Bukopin Syariah juga menetapkan plafon pinjaman minimal sebesar Rp100 juta hingga Rp3 miliar untuk pembelian rumah, dengan tenor cicilan yang bisa Anda pilih mulai dari 1 hingga 15 tahun. Ketentuan yang sama juga berlaku untuk pembelian ruko atau rukan. Sementara itu, untuk pembelian rusun atau apartemen, maksimal tenor cicilan yang ditawarkan adalah 10 tahun.
  7. KPR BCA Syariah
    Bagi Anda yang telah menjadi nasabah di Bank BCA Syariah, Anda dapat mengajukan fasilitas KPR iB BCA Syariah untuk membeli properti berupa rumah atau apartemen. Menurut informasi dari Kontan, BCA Syariah menawarkan produk pembiayaan kepemilikan rumah dengan margin berjenjang, dimulai dari 4,5% untuk fix 3 tahun pertama atau margin 8,5% fix sampai dengan 20 tahun pembiayaan. Beberapa keunggulan yang dapat dinikmati nasabah dari KPR iB BCA Syariah termasuk angsuran flat dan tenor maksimal 20 tahun. Keuntungan lain jika Anda menggunakan KPR BCA Syariah adalah:
    - Penyediaan pembiayaan rumah dengan skema syariah yang jelas.
    - Suku bunga kompetitif dan tetap sepanjang tenor.
    - Pilihan tenor yang dapat disesuaikan dengan kemampuan nasabah.
  8. KPR Bank Mega Syariah
    KPR Bank Mega Syariah merupakan solusi pembiayaan kepemilikan rumah yang mengikuti prinsip syariah Islam, di mana tidak ada riba dan menggunakan akad yang sesuai dengan syariah. Bank Mega Syariah menawarkan dua jenis akad KPR, yaitu Akad murabahah dan akad musyarakah mutanaqisah dengan margin keuntungan yang tetap dan tenor hingga 20 tahun.
    Proses pengajuan pembiayaan KPR Bank Mega Syariah mudah dan cepat, dengan persyaratan yang kompetitif, seperti menjadi Warga Negara Indonesia, usia minimal 21 tahun, memiliki penghasilan tetap, memiliki NPWP, dan memenuhi persyaratan administrasi lainnya. Bank Mega Syariah juga menawarkan program Flexi Home yang memberikan solusi angsuran lebih ringan untuk program pembiayaan pemilikan rumah biasa dan KPR Subsidi melalui program FLPP.
  9. KPR Bank BTN Syariah
    Bank BTN Syariah menawarkan tiga fasilitas kredit rumah yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memiliki rumah:
    1. BTN Platinum iB
      Fasilitas ini memungkinkan pembelian rumah, apartemen, atau ruko dengan akad murabahah. Margin yang ditawarkan adalah 13,75% dengan tenor maksimal 20 tahun. Keunggulan dari KPR BTN Platinum adalah tanpa batasan plafon maksimal, disesuaikan dengan penghasilan calon debitur.
    2. BTN Indent iB
      KPR BTN Indent dapat digunakan untuk membeli rumah, apartemen, atau ruko dengan akad istishna. Calon debitur harus menyertakan SHGB atau SHM. Tidak ada plafon maksimal yang diberikan, dan tenornya dapat mencapai 20 tahun.
    3. BTN Bersubsidi iB
      Fasilitas ini ditujukan untuk pembelian rumah khusus MBR yang bekerja sama dengan Kementerian PUPR menggunakan akad murabahah. Calon debitur harus memiliki penghasilan di bawah Rp4 juta untuk rumah tapak dan kurang dari Rp7 juta untuk rumah susun. Tenor maksimalnya adalah 20 tahun, dan program ini memberikan bantuan uang muka sebesar Rp4 juta untuk rumah tapak.
  10. KPR Dana Syariah 
    Dana Syariah adalah platform peer to peer lending yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, mengkhususkan diri dalam pendanaan properti yang sesuai dengan prinsip syariah Islam. Pembiayaan ini didasarkan pada prinsip, hukum, dan ketentuan agama Islam sehingga terbebas dari riba. Anda dapat memanfaatkan fasilitas Dana Rumah dari Dana Syariah untuk mengajukan KPR Syariah, dengan pembiayaan hingga Rp2 miliar. Margin yang ditawarkan sangat kompetitif, dimulai dari 5,4 persen untuk dua tahun pertama, dengan jangka waktu angsuran hingga 15 tahun. Fasilitas ini dapat digunakan untuk membeli berbagai jenis rumah, baik baru maupun bekas, serta rumah ready stock atau yang masih dalam proses pemesanan. Yang menarik, pembiayaan Dana Rumah dari Dana Syariah tersedia untuk berbagai profesi, termasuk karyawan swasta, ASN, wiraswasta, pedagang online/offline, pekerja freelance, pekerja kreatif, artis/content creator/Youtuber, karyawan kontrak, pilot/pelaut, dan banyak lagi. Ada sejumlah keuntungan dalam mengajukan KPR menggunakan Dana Syariah, seperti:
    DP atau uang muka bisa Rp0* (sesuai persyaratan).
    - Proses pendaftaran dan persyaratan yang mudah.
    - Bebas riba karena Dana Syariah menerapkan prinsip bagi hasil sesuai kesepakatan antara bank dan nasabah.
    - Jumlah cicilan tetap, tidak berubah atau floating setiap bulan, untuk menghindari risiko gagal bayar.
    - Dana Syariah memberikan fleksibilitas kepada nasabah untuk menyesuaikan pembiayaan sesuai kebutuhan mereka.

Itulah beberapa rekomendasi produk KPR Syariah terpercaya yang disediakan oleh berbagai lembaga keuangan di Indonesia. Tenang saja, jika Anda belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang KPR Syariah dan bingung dalam memilih produk terbaik, Loan Market siap membantu Anda.

Dengan hadirnya Loan Market, kini permasalahan keuangan Anda dapat teratasi dengan aman dan terpercaya. Loan Market sebagai financial aggregator pertama di Indonesia menyediakan jasa konsultasi mengenai pinjaman Kredit Pemilikan Rumah (KPR), refinancing, kredit multiguna, dan fasilitas pinjaman lainnya. Loan Market menawarkan jaringan eksklusif dengan berbagai partner baik dari perbankan, multifinance, fintech, dan koperasi untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan skema pinjaman yang tepat. Loan market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 27 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat.  

 

Written by: Mela Oktafiani
Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC
Editor: Theresia S. Tamba (SPV Marcomm Loan Market & Ray White PPC)