Lebih Mending Mana, Beli Rumah Atau Apartemen? Ketahui Kelebihan Dan Kekurangannya

20 February 2024 By Theresia Septiyani Tamba
Lebih Mending Mana, Beli Rumah Atau Apartemen? Ketahui Kelebihan Dan Kekurangannya

Bagi anda yang sedang ingin mencari hunian mungkin pernah terlintas pikiran manakah yang lebih baik antara membeli rumah atau apartemen. Mungkin untuk beberapa orang rumah sudah menjadi salah satu pilihan terakhir dalam mencari hunian namun, dengan berkembangnya zaman sudah banyak bermunculan beberapa jenis apartemen yang tersedia di hampir seluruh kota. Maka dari itu pilihan semakin bertambah untuk menentukan properti apa yang cocok untuk dijadikan sebagai hunian.

Dalam menentukan hunian yang cocok bagi anda, perlu adanya pertimbangan yang penting dilakukan agar pilihan yang mendarat sudah tepat sasaran. Jika kalian menginginkan kehidupan bersosialisasi yang baik, anda bisa mempertimbangkan rumah sebagai pilihan anda. Jika anda merupakan salah satu orang praktis, apartemen bisa menjadi salah satu opsi yang cocok untuk anda. Maka dari itu, artikel ini akan membahas beberapa kelebihan serta kekurangan dari rumah dan apartemen.

 

Kelebihan dan Kekurangan Rumah

Memiliki Kepemilikan Lahan

Keuntungan memiliki rumah adalah rumah memiliki sertifikat kepemilikan lahan. Jika anda merupakan orang yang mempertimbangkan lahan sebagai salah satu syaratnya, maka pembelian rumah merupakan langkah yang tepat dilakukan. Mengingat harga lahan yang sudah semakin mahal saat ini, rumah dapat dijadikan investasi untuk jangka panjang.

Mudah Untuk Diperjual Belikan.

Rumah juga mudah untuk diperjual belikan. Pasalnya, permintaan pembelian rumah yang tinggi dapat menjadi salah satu pertimbangan yang cocok bagi anda karena dengan adanya permintaan rumah yang tinggi. Maka harga rumah akan semakin mahal dalam beberapa waktu kedepan. 

Lingkungan Sosial Yang Baik

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa jika anda merupakan salah satu orang yang ingin memiliki kehidupan sosial yang baik dan tinggi, rumah dapat menjadi salah satu opsi yang cocok bagi anda. Dengan adanya lingkungan sosial yang ramai, maka anda akan semakin mudah untuk terkoneksi antara tetangga satu dengan yang lain. 

Mendapatkan Akses Renovasi 

Jika anda merupakan salah satu orang yang mempertimbangkan untuk merenovasi hunian anda, maka rumah dapat menjadi salah satu pilihan yang cocok. Hal ini dikarenakan hak merenovasi rumah berada sepenuhnya di tangan pemilik. Berbeda dengan apartemen yang harus membuat izin kepada pengelola gedung.

Harga Mahal Jika Di Lokasi Kota

Pada saat ini ketersediaan lahan di kota besar sudah semakin kecil dan terbatas. Jika anda ingin mencari hunian di tengah pusat kota maka akan sulit dicari. Selain sulit untuk dicari, harga yang ditawarkan pun juga relatif tidak murah. Maka dari itu membeli rumah di tengah perkotaan menjadi tantangan tersendiri.

Rawan Terkena Banjir

Rumah memang tidak memiliki ketinggian yang super seperti di apartemen, maka dari itu banjir akan menjadi salah satu ancaman untuk anda yang ingin membeli rumah. Untuk meminimalisir resiko terjadinya banjir, maka rumah harus sudah memiliki resapan air yang baik dan tidak membeli rumah yang berlokasi di daerah rawan banjir.

 

Kelebihan dan Kekurangan Apartemen

Berada Di Tengah Kota

Saat ini banyak sekali apartemen yang berdiri di kota besar. Pada umumnya apartemen banyak sekali dibangun pada pusat kota. Hal ini karena letaknya yang strategis akan memudahkan para penghuni apartemen untuk menjangkau fasilitas umum yang tersedia dengan mudah. 

Harga Lebih Terjangkau

Harga yang ditawarkan oleh apartemen cenderung lebih murah bila dibandingkan dengan rumah. Hal ini karena luas bangunan yang relatif lebih kecil dan kompleks. Selain itu juga apartemen tidak memiliki hak atas kepemilikan lahan yang menjadikan bahwa apartemen mematok harga yang lebih terjangkau.

Keamanan Yang Baik

Dengan tinggal di apartemen, keamanan sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi. Pasalnya apartemen memiliki sistem keamanan yang sudah relatif lengkap mulai dari smart door lock, CCTV, kartu akses penghuni, dan keamanan yang berjaga selama 24 jam. Maka dari itu sistem keamanan di apartemen lebih unggul bila dibandingkan dengan rumah.

Biaya Pemeliharaan Yang Tinggi

Sayangnya dengan semua fasilitas yang ada, terdapat biaya pemeliharaan dari apartemen itu sendiri. Berbeda dengan rumah yang dapat memegang kendali penuh terhadap hunian, apartemen harus membayar biaya sewa kepada pihak manajemen. Untuk biaya pemeliharaan apartemen setiap bulannya termasuk kedalam biaya pemeliharaan yang tinggi.

Terbatasnya Ruang Sosialisasi

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa apartemen memiliki ruang sosialisasi yang terbatas. Meskipun sudah banyak apartemen yang menyediakan ruang publik untuk bersosialisasi, tetap saja lingkungan sekitar apartemen terasa lebih privat. Jika anda termasuk salah satu orang yang mempertimbangkan privasi, maka apartemen menjadi pilihan yang tepat untuk hunian anda.

Tak masalah ingin tinggal pada hunian mana, pilihan tergantung kepada anda. Jangan khawatir Loan Market menawarkan produk KPR dan KPA yang siap untuk membantu anda untuk memberikan solusi yang terbaik. Loan Market sebagai financial aggregator pertama di Indonesia menyediakan jasa konsultasi mengenai pengajuan hingga keperluan terkait berbagai macam jenis kredit dan pinjaman. Loan market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 27 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat.


Written by: Dimas Bagus Prakoso
Intern Marcomm Loan Market
Editor: Theresia S. Tamba (SPV Marcomm Loan Market)