Memang Apa Pentingnya Investasi Sejak Usia Muda?

05 March 2024 By Theresia Septiyani Tamba
Memang Apa Pentingnya Investasi Sejak Usia Muda?

Pada saat ini ternyata masih banyak orang yang meremehkan betapa pentingnya untuk melakukan investasi sejak usia muda. Karena mungkin usia masih terpaut muda, maka mereka masih meremehkan juga tentang pentingnya investasi untuk mempersiapkan kondisi keuangan mereka nantinya agar lebih baik di masa depan. Jika dilihat dari usia yang muda, mereka seharusnya berpikir bahwa menanam investasi merupakan sebuah peluang yang baik agar bisa menanam modal lalu dapat dipanen di kemudian hari.

Padahal melakukan investasi pada usia muda sangat penting dan dapat memberikan banyak manfaat. Jika anda masih berpikir bahwa investasi merupakan sebuah hal yang tidak penting, maka anda perlu melihat artikel ini dengan seksama.

 

1. Keuntungan di Depan Mata
Berinvestasi sejak usia muda adalah keputusan yang bijak karena memberikan kesempatan untuk pertumbuhan modal yang lebih besar di masa depan. Dengan memanfaatkan waktu secara efektif, investasi tidak hanya menjadi aktivitas menanam modal, tetapi juga merupakan langkah strategis untuk meraih imbal hasil yang menguntungkan.

Selain itu, melalui investasi yang dilakukan pada usia muda, nilai uang dapat terus berkembang lebih lama berkat bunga dan investasi berkelanjutan, menciptakan peluang cuan yang signifikan. Bahkan dengan modal awal yang kecil, konsistensi dalam menanam modal sejak dini dapat menghasilkan keuntungan berlipat ganda di masa depan. Jika dilihat lebih jauh lagi, investasi pada usia muda membantu meminimalkan risiko dan mempercepat pencapaian tujuan finansial, karena keuntungan yang terus meningkatkan nilai uang sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

2. Pensiun yang Nyaman
Jika anda sudah melakukan investasi sedini mungkin, maka anda dapat menikmati hasil dari investasi yang anda lakukan di masa muda. Dana investasi yang anda tabung semasa muda akan dapat memberikan segudang manfaat bagi di hari tua anda. Dengan berinvestasi maka anda tidak perlu khawatir lagi untuk kekurangan sumber dana di masa tua. Anda dapat memanfaatkan berbagai macam investasi jangka panjang yang ada seperti reksadana atau melakukan deposito di Loan Market.

3. Mengendalikan Finansial di Masa Depan
Alasan mengapa investasi penting dilakukan sejak usia muda adalah anda dapat mengendalikan finansial untuk masa depan anda. Misalnya jika anda ingin membeli sebuah rumah tentu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan dana agar tercukupi, anda dapat mengumpulkan dana melalui investasi dan menunggu nilainya terus berkembang seiring berjalannya waktu. Dengan begitu tujuan finansial anda untuk masa depan akan dimudahkan demi mencapai finansial yang lebih optimal.

4. Peningkatan Pendidikan Investasi
Manfaat yang terakhir didapat dari berinvestasi sejak dini adalah dapat meningkatkan pendidikan mengenai investasi. Dengan berinvestasi pada usia muda akan membuat anda belajar lebih dalam mengenai investasi. Dengan memiliki bekal pengalaman investasi yang banyak, akan membuat peluang keberhasilan dan kesuksesan akan investasi memiliki angka yang tinggi.

Jadi menanam modal investasi sejak usia muda sangatlah penting karena banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari berinvestasi. Jangan takut untuk melakukan investasi sejak usia muda, karena itu memilih lembaga keuangan yang terpercaya merupakan langkah yang tepat seperti Loan Market Indonesia.

Loan Market sebagai financial aggregator pertama di Indonesia menyediakan jasa konsultasi mengenai pinjaman Kredit Pemilikan Rumah (KPR), refinancing, kredit multiguna, deposito dan fasilitas pinjaman lainnya. Loan Market menawarkan jaringan eksklusif dengan berbagai partner baik dari perbankan, multifinance, fintech, dan koperasi untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan skema pinjaman yang tepat. Loan market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 29 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat.

 

Written by: Dimas Bagus Prakoso
Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC
Editor: Theresia S. Tamba (SPV Marcomm Loan Market & Ray White PPC)