Mengenal Deposito dan Keuntungannya: Strategi Keuangan untuk Pertumbuhan Finansial Anda

24 January 2024 By Theresia Septiyani Tamba
Mengenal Deposito dan Keuntungannya: Strategi Keuangan untuk Pertumbuhan Finansial Anda

Keuangan memiliki peran yang penting untuk keberlangsungan kehidupan di dunia ini. Keuangan harus dikelola dengan benar dan matang. Bukan hanya memiliki uang untuk kebutuhan saat ini saja, namun memiliki keuangan untuk jangka panjang juga harus dipertimbangkan secara matang. Mengelola keuangan untuk kedepannya penting untuk hal “berjaga-jaga” dari kebutuhan yang tidak terduga dan mendesak nantinya. Selain itu, mengelola uang secara matang kedepannya untuk menghindari inflasi yang mungkin akan terjadi suatu saat nanti. Biasanya kita mengandalkan kebutuhan jangka panjang hanya dari menabung saja. Namun terkadang hanya dari menabung saja masih belum cukup untuk menyiasati hal-hal yang tidak terduga kedepannya.

Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan menginvestasikan dana yang anda miliki saat ini. Deposito bisa menjadi pilihan yang cocok untuk anda karena deposito menawarkan berbagai macam keuntungan bila dibandingkan dengan tabungan biasa. Sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi melalui deposito, anda harus terlebih dahulu mengetahui tentang deposito. Simak artikel berikut ini.

Apa Sih Deposito Itu?

Secara gambaran umum deposito adalah produk penyimpanan uang yang disediakan oleh bank dengan penyetoran di awal dengan syarat penarikan hanya bisa dilakukan oleh jangka waktu tertentu yang telah disepakati oleh nasabah dan bank. Anda melakukan persetujuan dengan bank kapan uang anda akan diambil. Semisal anda memiliki persetujuan dengan bank untuk memasukkan dana 20 juta rupiah dan anda ingin mengambil dana tersebut untuk 5 tahun kedepan. Maka uang anda tidak akan bisa diambil sampai menyentuh tahun ke 5. 

Apa Saja Keuntungannya?

Berinvestasi melalui deposito memiliki banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan. Keuntungan yang pertama adalah suku bunga deposito yang lebih besar dibandingkan dengan tabungan biasa. Deposito juga dijamin aman karena sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. Deposito juga sudah minim akan resiko. Jangka waktu pencairan dana akan membuat orang akan lebih disiplin dalam menabung. Proses pencairan dana deposito juga lebih mudah. Tidak ada jaminan biaya administrasi untuk membuka deposito.

Setelah mengetahui serta memahami mengenai deposito dan apa saja keuntungan apabila anda melakukan deposito, apakah anda tertarik untuk melakukan deposito? Loan Market menawarkan program untuk deposito anda. Loan Market menawarkan jaringan eksklusif dengan berbagai partner baik dari perbankan, multifinance, fintech, dan koperasi untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan skema pinjaman yang tepat. Loan market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 27 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat.

Written by: Dimas Bagus Prakoso
Intern Marcomm Loan Market
Editor: Theresia S. Tamba (SPV Marcomm Loan Market)