Permudah Pembelian Rumah Melalui KPR Dengan Loan Market Indonesia

12 June 2023 By IT Loan Market
Permudah Pembelian Rumah Melalui KPR Dengan Loan Market Indonesia

Rumah mungkin menjadi salah satu pembelian yang wajib namun sulit untuk digapai, dan sebagai kebutuhan primer manusia, harga hunian rumah terus naik per tahunnya. Namun, selain untuk tempat tinggal, rumah juga dapat dijadikan instrumen untuk investasi. Berinvestasi dalam properti dapat menjadi cara cerdas dan menguntungkan untuk membangun financial stability dan mengamankan masa depan. Loan Market Indonesia sebagai financial aggregator dapat membantu Anda dalam pembelian rumah impian.

Nilai properti secara historis diapresiasi, memungkinkan pemilik rumah membangun ekuitas dan mengumpulkan kekayaan. Tidak seperti investasi lain yang mungkin sangat berpengaruh pada volatilitas pasar, investasi pada properti cenderung lebih stabil, memberikan potensi pertumbuhan jangka panjang. Lantas, bagaimana caranya agar kita dapat membeli properti?

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tujuan anggaran dan pengaturan tabungan. Mulailah dengan menilai situasi keuangan Anda dan menentukan seberapa banyak Anda dapat menabung secara realistis untuk rumah Anda. 

Kedua, cobalah mencari peluang untuk meningkatkan penghasilan Anda. Anda dapat mencari promosi di pekerjaan Anda saat ini, melakukan pekerjaan sampingan atau side job, atau bahkan mengeksplorasi peluang-peluang lain yang cocok dengan tren saat ini, seperti jualan dan lain-lain. Penghasilan tambahan ini dapat langsung disalurkan ke tabungan rumah Anda.

Ketiga, selain menabung secara tradisional, mulailah untuk belajar mengenai investasi, karena investasi juga dapat menghasilkan keuntungan yang lebih dibandingkan hanya menyimpang uang di bank saja. Anda dapat mengalokasikan tabungan Anda ke investasi saham, investasi reksa dana, maupun investasi emas. Sesuaikan dengan risiko dan return yang Anda inginkan. 

Terakhir, untuk membeli rumah, skema KPR mungkin menjadi skema yang paling memungkinan. Mulailah lakukan riset terhadap program-program atau promo uang muka atau DP yang tersedia di wilayah Anda. Beberapa program dari institusi finansial menawarkan bunga rendah untuk membantu pembeli rumah pertama dengan uang muka mereka. Namun memang, banyak sekali program yang perlu Anda teliti, belum lagi BI Checking, dan ketentuan-ketentuan lain yang Anda perlu ikuti. Setelah itu pun, belum tentu juga institusi finansial akan menyetujui permintaan Anda. 

Dalam konteks ini, Loan Market Indonesia sebagai financial aggregator dapat memberikan kemudahan bagi Anda. Loan Market berperan sebagai perantara antara peminjam dan pemberi pinjaman, sehingga dapat menjadi jembatan bagi Anda yang membeli rumah dengan institusi finansial yang paling cocok dengan Anda. 

Tercatat di OJK dari tahun 2019, Loan Market Indonesia telah menjajaki kemitraan dengan lebih dari 35 lenders institusi finansial yang variatif, dari perbankan, koperasi, fintech, dll untuk memberikan opsi terbaik bagi nasabah. 

Melalui Loan Market, nasabah dapat memanfaatkan layanan konsultasi awal gratis dengan Loan Advisers yang akan membantu dalam mengurus semua hal terkait pinjaman. Dengan bantuan mereka, nasabah dapat menghemat waktu dan tenaga dalam proses pengajuan pinjaman untuk pembelian rumah. Loan Advisers akan memberikan informasi yang komprehensif dan panduan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pinjaman Anda. 

Tentunya, menabung untuk membeli rumah membutuhkan kedisiplinan, komitmen, dan perencanaan keuangan yang strategis. Loan Market yang kini sudah memiliki 24 kantor cabang tersebar di Jakarta, Bandung, Jogja dan Surabaya akan membantu meringankan beban Anda. 

 

Source: CNBC,  Kompas, Finansialku.com.