Tak Sanggup Bayar Cicilan KPR? Simak Solusinya!

12 March 2024 By Theresia Septiyani Tamba
Tak Sanggup Bayar Cicilan KPR? Simak Solusinya!

Seperti yang dikatakan oleh banyak orang bahwa hidup tidak akan berjalan dengan mulus terus, tentu ada hambatannya. Begitu juga dengan KPR, masih banyak orang yang terkendala untuk mencicil pembayaran dari KPR, terlebih lagi jika kondisi keuangan memang sedang tidak stabil atau sedang berada di titik terendah. Dengan adanya kondisi tersebut, maka banyak orang juga yang mungkin menunggak untuk membayar cicilan KPR karena tidak sanggup secara ekonomi. Namun jangan khawatir, jika tak bisa membayar cicilan KPR masih ada solusinya, simak artikel ini untuk mengetahui solusinya.

1. Dana Darurat Atau Tabungan
Langkah pertama yang dapat anda lakukan ketika merasa tak sanggup untuk membayar cicilan KPR adalah dengan menggunakan dana darurat atau bisa menggunakan tabungan. Memang dana darurat dibutuhkan ketika sedang ada di dalam kondisi yang darurat. Namun, ketika anda sedang tidak bisa untuk membayar cicilan KPR bukankah itu sebuah keadaan darurat yang bisa menjadi sebuah permasalahan.

Setiap keluarga memang diharuskan dan disarankan untuk memiliki dana darurat setidaknya minimal 3 bulan untuk mengantisipasi adanya hal yang tidak diinginkan. Selain itu juga, dengan memiliki dana darurat yang tepat, keuangan akan terbantu menjadi lebih stabil serta sehat. Tetapi perlu diingat, jika ingin menggunakan dana darurat pastikan tidak semua digunakan agar masih terdapat uang sisa untuk kebutuhan yang lainnya.

2. Buka Usaha Kecil
Selain menggunakan dana darurat dan tabungan, anda dapat membuka usaha kecil-kecilan. Hal ini bisa dianggap sebagai sebuah solusi karena dengan anda membuka usaha kecil-kecilan, uang akan terus mengalir serta berputar. Misalkan, anda senang memasak dan ingin menjual masakan anda. Hal tersebut akan menambah profit bagi rumah tangga serta cicilan KPR aka tetap terus terbayarkan setiap bulannya.

3. Kerja Sampingan
Kerja sampingan merupakan salah satu opsi yang dapat anda lakukan untuk membayar cicilan KPR yang akhir-akhir ini belum bisa dibayarkan. Jika dari awal bekerja belum bisa menargetkan untuk membayar cicilan KPR, alangkah baiknya segera mencari kerja sampingan. Kerja sampingan ini bisa kalian pilih sesuai dengan passion anda. Misalnya, anda sedang bekerja pada perusahaan di bidang akuntansi namun anda memiliki minat serta bakat pada bagian fotografi dan videografi. Maka dari itu, anda dapat memanfaatkan skill yang anda miliki untuk mencari uang tambahan. Dengan begitu, cicilan KPR setiap bulannya akan menjadi terbayarkan.

4. Coba Manage Keuangan
Jika anda sudah mencoba beberapa cara agar cicilan KPR tetap terbayarkan namun selalu menunggak, anda sudah saatnya melihat serta mempelajari cara untuk mengatur keuangan anda. Jika diambil sebuah contoh, anda dan pasangan memiliki gaji sekitar Rp20 juta, sedangkan cicilan KPR yang harus dibayarkan adalah Rp12 juta, maka anda perlu melihat pada bagian keuangan apa yang sekiranya memiliki dana yang lumayan boros. Dengan melihat, maka anda menjadi tahu pengeluaran apa yang memang seharusnya perlu dan tidak perlu. Yang harus menjadi sorotan adalah bagaimana keperluan untuk kebutuhan tetap berjalan serta pembayaran KPR tidak menunggak, misalnya mengurangi ongkos jalan-jalan atau mengurangi uang jajan diluar.

5. Coba Jual Aja
Anda merasa bahwa anda tidak sanggup lagi untuk membayar cicilan KPR yang ada, maka pilihan terakhir untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menjual rumah anda. Opsi yang satu ini memang akan merelakan rumah, namun setidaknya anda akan mendapatkan uang dari penjualan rumah, dan mencari solusi untuk sementara.

Salah satu cara untuk menjual rumah adalah dengan melakukan take over kredit. Takeover kredit sendiri merupakan proses memindahkan pinjaman hipotek dari satu bank atau lembaga keuangan ke bank atau lembaga keuangan lainnya. Tujuan utama dari Take over kredit ini adalah untuk memanfaatkan kondisi pasar yang lebih baik, seperti suku bunga yang lebih rendah atau penawaran fasilitas lainnya yang lebih menguntungkan. Untuk bahasa singkatnya, pemilik lama akan menjual rumah yang masih dalam masa kredit kepada pemilik baru sehingga cicilannya akan diteruskan oleh pembeli rumah tersebut.

Ada terdapat berbagai cara untuk mengatasi macam masalah yang ada. Anda hanya perlu untuk memilih cara mana yang memang akan berhasil nantinya dan yang terbaik untuk anda pilih. Sama seperti halnya ingin mengajukan program KPR atau Take over kredit harus memilih lembaga keuangan mana yang baik untuk anda. Loan Market merupakan salah satu lembaga keuangan yang terpercaya dan bisa menjadi sebuah opsi bagi anda.

Loan Market sebagai financial aggregator pertama di Indonesia menyediakan jasa konsultasi mengenai pinjaman Kredit Pemilikan Rumah (KPR), refinancing, kredit multiguna, dan fasilitas pinjaman lainnya. Loan Market menawarkan jaringan eksklusif dengan berbagai partner baik dari perbankan, multifinance, fintech, dan koperasi untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan skema pinjaman yang tepat. Loan market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 29 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat.  

 

Written by: Dimas Bagus Prakoso
Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC
Editor : Veronica Winata (Marcomm Loan Market & Ray White PPC)
Approved by : Theresia S. Tamba (SPV Marcomm Loan Market & Ray White PPC)