Win Your Money Back! Tips Menabung Post-War Tiket Konser Coldplay

18 May 2023 By IT Loan Market
Win Your Money Back! Tips Menabung Post-War Tiket Konser Coldplay

Di tengah ramainya perbincangan mengenai war tiket konser coldplay di Jakarta pada November 2023 nanti, pastinya banyak dari kalian yang merelakan tabungan demi beli tiket konser, dengan alasan ‘Kapan lagi sih coldplay ke Jakarta?”. Bagi kalian yang udah beli tiket, yuk sekarang kita fokus gimana caranya untuk mengembalikan tabungan seperti semula agar bisa mencapai financial stability!

1.Menabung dengan metode 50:30:20 

Mungkin metode ini sudah banyak diperbincangkan, tapi metode 50:30:20 ini sangat berguna bagi kalian yang baru mau mulai menabung. Metode yang membagi pendapatan kalian menjadi tiga bagian ini dapat membantu kalian memetakan kebutuhan primer, sekunder dan tersier kalian. 50 persen dari pendapatan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan tagihan yang wajib. Selain itu, 30 persen dari pendapatan digunakan untuk hiburan dan keinginan ‘healing’ lainnya, ya salah satunya adalah nonton konser! Cocok kan untuk kaum milenial dan Gen Z yang suka healing? Terakhir, 20 persen dari pendapatan digunakan untuk tabungan dan investasi. 

2. Atur anggaran sesuai prioritas kebutuhan

Selain menabung dengan metode 50:30:20 kalian juga perlu loh mengatur anggaran sesuai prioritas kebutuhan, perlu bijak dalam memisahkan kebutuhan dan keinginan. Nah, untuk memudahkan, kamu dapat menambahkan jangkauan waktu dalam prioritas kamu. Kamu bisa membagi prioritas kebutuhan dalam anggaran sesuai dengan waktu yang dibutuhkan, mulai dari kebutuhan sehari-hari, sifatnya yang perbulan, hingga di masa yang lebih panjang lagi, seperti menyiapkan keperluan dana demi membeli tempat tinggal atau memulai usaha secara mandiri. Dengan mempersiapkan anggaran jangka panjang dalam cara mengelola keuangan, kamu akan merasa lebih aman untuk keuangan kamu di masa depan.  

3. Mulai investasi!

Ternyata, menabung saja tidak cukup loh untuk menyehatkan keuangan kamu. Kamu juga harus mempersiapkan keuangan dengan cara berinvestasi, agar passive income dapat terus mengalir. Passive income tentunya akan sangat krusial bagi kamu yang memilih untuk pensiun muda! Oleh karena itu, yuk sisihkan pendapatan kamu dan mulai berinvestasi.

4. Tentukan tujuan investasi dan profil risiko

Investor pemula harus mulai menyesuaikan tujuan investasi, jangka waktu investasi dengan profil risikonya. Tipsnya adalah coba mulai investasi dari reksa dana. Mengapa? karena risikonya yang rendah dan dengan jangka yang pendek. Instrumen investasi jangka pendek ini menjadi pilihan tepat bagi investor pemula seperti kalian yang juga ingin mempersiapkan dana darurat atau investasi dalam jangka pendek, yaitu sekitar 1-2 tahun. 

Nah, jika kalian mau memulai investasi dan menabung, Loan Market Indonesia dapat membantu kalian dalam menemukan wadah investasi yang paling tepat dan kompetitif sesuai dengan keinginan kalian! 

Sebagai financial aggregator yang sudah tercatat di OJK di tahun 2019, Loan Market Indonesia saat ini sudah menjajaki partnership dengan 37 institusi finansial dan sudah memiliki 24 kantor cabang tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Jogja. Dengan konsultasi awal yang gratis, Loan Market Indonesia menawarkan jaringan eksklusif ke perbankan agar kamu bisa mendapatkan suku bunga paling kompetitif.