Melek Finansial dengan Memahami 5 Istilah Penting dalam Keuangan

08 May 2024 By Theresia Septiyani Tamba
Melek Finansial dengan Memahami 5 Istilah Penting dalam Keuangan

Dalam mengelola keuangan pribadi maupun bisnis, ada satu hal dasar namun penting yang harus Anda lakukan, yaitu memahami beberapa istilah-istilah keuangan. Selain itu, belajar memahami istilah dalam keuangan juga bisa menjadi satu langkah untuk mewujudkan keamanan finansial dan menjadikan Anda sebagai seorang individu yang melek finansial. Berikut merupakan lima istilah awal yang perlu Anda ketahui dalam dunia keuangan.

 

  • Pendapatan (Income)

Pendapatan adalah jumlah uang yang Anda terima yang diperoleh dari kegiatan bisnis atau aktivitas pekerjaan lainnya dalam suatu periode waktu tertentu. Pendapatan ini pada umumnya berasal dari penjualan produk, penyediaan jasa dan layanan, atau investasi. Terdapat dua tipe pendapatan, yaitu pendapatan aktif yang biasanya Anda dapatkan dari gaji tiap bulan dari bekerja atau keuntungan dari bisnis Anda, dan pendapatan berulang yaitu uang yang diterima berupa uang sewa atau dari investasi.

  • Bunga (Interests)

Bunga adalah biaya yang dibayarkan atas penggunaan uang yang Anda pinjam. Bunga merupakan tambahan dari jumlah suatu produk atau hal pinjaman dan biasanya dinyatakan sebagai persentase dari jumlah produk tersebut, serta setiap pinjaman memiliki tingkatan atau suku bunga tertentu. 

  • Pinjaman (Loan)

Pinjaman adalah jumlah uang yang dipinjam dari pihak lain, yang pada umumnya dengan kesepakatan untuk mengembalikan uang tersebut ditambah dengan bunga atau interest dalam jangka waktu tertentu. Pinjaman bisa dijadikan sebagai suatu sumber pendanaan yang umum digunakan untuk seseorang yang memiliki keperluan bisnis ataupun keperluan pribadi. Pinjaman sendiri bisa digunakan untuk apa pun, selama bank atau institusi tertentu tersebut bisa menganggap Anda mampu membayarnya kembali dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

  • Arus kas (Cash flow)

Arus kas adalah aliran masuk dan keluarnya uang dari suatu entitas seperti tabungan bank atau lain sebagainya dalam suatu periode waktu tertentu. Arus kas mencakup hal-hal seperti penerimaan dari penjualan, pembayaran untuk biaya operasional, serta pembayaran pinjaman dan bunga. Jika Anda memiliki arus kas positif, berarti pendapatan Anda lebih besar daripada pengeluaran Anda dalam jangka waktu tersebut, namun sebaliknya, jika Anda memiliki arus kas negatif, maka Anda lebih banyak membelanjakan uang Anda daripada uang yang Anda hasilkan.

  • Investasi (Investment)

Investasi adalah alokasi uang ke dalam suatu aset dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan lebih besar di masa depan. Investasi bisa berupa saham, obligasi, properti, atau instrumen keuangan lainnya, tergantung kebutuhan dan kesesuaian Anda.

 

Dengan memahami beberapa istilah keuangan ini, Anda dapat mengelola keuangan Anda menjadi lebih baik dan bisa lebih memahami lagi mengenai keuangan secara dasar. Tidak hanya itu, Anda juga bisa lebih baik dan bijak lagi dalam melakukan hal pinjaman, investasi dan pengelolaan arus kas. Setelah mengetahui beberapa istilah penting tersebut, serta dibantu dengan Loan Market, Anda bisa lebih mantap lagi jika ingin mengambil keputusan finansial untuk mengambil kredit rumah, pinjaman modal usaha, dan kebutuhan finansial lainnya. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai Loan Market, Anda bisa langsung mengunjungi website nya di https://www.loanmarket.co.id/

 

Written by: Jasmine Azzahra Siregar

Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC

Editor : Veronica Winata (Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Approved by : Theresia S. Tamba (SPV Marcomm Loan Market & Ray White PPC)