Menangani Gaya Hidup Konsumtif: Cara Mengelola Pengeluaran Agar Tetap Seimbang

10 May 2024 By Theresia Septiyani Tamba
Menangani Gaya Hidup Konsumtif: Cara Mengelola Pengeluaran Agar Tetap Seimbang

Gaya hidup konsumtif seringkali menjadi penyebab utama masalah keuangan bagi banyak orang, terutama bagi Anda yang seringkali mengikuti dan tidak mau ketinggalan dengan trend-trend terbaru. Terjebak dalam kebiasaan belanja yang berlebihan dan menghabiskan tabungan lebih dari yang seharusnya dapat mengakibatkan stres finansial dan kesulitan dalam mencapai tujuan keuangan untuk jangka panjang. Namun, dengan beberapa langkah yang bijak serta belanja secara sadar, Anda dapat mengelola pengeluaran Anda dengan lebih baik dan menjaga keuangan tetap seimbang. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda menangani gaya hidup konsumtif.

 

  • Buatlah anggaran yang realistis

Langkah pertama dalam mengelola pengeluaran Anda adalah dengan membuat anggaran yang realistis dengan menyesuaikan pemasukan serta kebutuhan sehari-hari Anda. Tentukan pendapatan bulanan Anda dan alokasikan sebagian dari pendapatan tersebut untuk kebutuhan pokok, tabungan, dan hiburan. Tetapkan batasan yang jelas untuk pengeluaran yang tidak terlalu penting atau non-essentials dan berkomitmen untuk tidak melebihi anggaran yang telah Anda tetapkan.

  • Prioritaskan kebutuhan daripada keinginan

Penting untuk Anda bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Ketika Anda menghadapi godaan untuk membeli sesuatu yang tidak benar-benar diperlukan atau mengikuti trend yang ada padahal itu tidak sesuai dengan selera atau kebutuhan Anda, tanyakan pada diri sendiri apakah barang tersebut merupakan kebutuhan atau hanya keinginan semata. Prioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari seperti makanan, tempat tinggal, dan kebutuhan lainnya sebelum membelanjakan uang untuk hal-hal yang bersifat hiburan, kemewahan, dan belanja sesuatu yang sedang trending.

  • Gunakan metode pembayaran yang tepat

Pemilihan metode pembayaran yang tepat juga dapat membantu Anda mengelola pengeluaran dengan lebih baik. Menggunakan uang tunai atau kartu debit daripada menggunakan kartu kredit dapat membantu Anda lebih sadar akan jumlah uang yang Anda keluarkan dan mencegah terjadinya hutang yang tidak terkendali. Selain itu, memanfaatkan fitur-fitur seperti pembatasan pengeluaran pada kartu kredit atau pembayaran secara otomatis juga dapat membantu Anda dalam mengontrol pengeluaran.

  • Evaluasi dan sesuaikan secara berkala

Penting untuk secara teratur meninjau dan mengevaluasi anggaran Anda secara berkala. Ketika terdapat perubahan dalam situasi keuangan atau gaya hidup Anda, sesuaikan anggaran Anda. Tetapkan tujuan keuangan jangka pendek dan juga jangka panjang, dan revisi anggaran Anda sesuai dengan tujuan yang sudah Anda terapkan.

  • Praktikkan kesadaran finansial

Hal ini merupakan hal yang penting dan tidak boleh terlewatkan, yaitu berpikirlah dua atau beberapa kali sebelum melakukan pembelian impulsif dapat membantu Anda menghindari gaya hidup konsumtif. Pertimbangkan nilai jangka panjang dari setiap pembelian dan tanyakan pada diri sendiri apakah barang tersebut akan memberikan kepuasan yang berkelanjutan atau hanya memberikan kepuasan sesaat.

 

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat mengelola pengeluaran Anda dengan lebih bijak dan menjaga keuangan Anda tetap seimbang. Ingatlah bahwa pengelolaan keuangan yang baik memerlukan kesadaran, disiplin, dan komitmen dari diri Anda. Atau Anda bisa berkonsultasi dengan loan advisor dari Loan Market, karena Loan Market memiliki berbagai keunggulan untuk membantu Anda dengan menyediakan jasa konsultasi mengenai pengetahuan hingga keperluan terkait berbagai macam jenis kredit serta pinjaman. 

 

Loan Market sebagai financial aggregator pertama di Indonesia menyediakan jasa konsultasi mengenai pengajuan hingga keperluan terkait berbagai macam jenis kredit dan pinjaman. Loan Market menawarkan jaringan eksklusif dengan berbagai partner baik dari perbankan, multifinance, fintech, dan koperasi untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan skema pinjaman yang tepat. Loan market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 27 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat. 

 

Written by: Jasmine Azzahra Siregar

Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC

Editor : Veronica Winata (Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Approved by : Theresia S. Tamba (SPV Marcomm Loan Market & Ray White PPC)